Cara Membersihkan Roller Pada Mesin Laminasi Roll Panas - Maxipro.co.id

Cara Membersihkan Roller Pada Mesin Laminasi Roll Panas - Maxipro.co.id

Cara membersihkan roller pada mesin laminasi roll panas, caranya sangatlah mudah. Kamu bisa menggunakan spons cuci piring, kain tidak berserat, dan alkohol denat. Gosokkan perlahan secara hati-hati dengan tidak terlalu keras. Jangan gunakan benda tajam untuk membersihkan roller laminating.

Membersihkan mesin laminating, dapat secara rutin kamu jadwalkan. Sehingga dapat mencegah mesin macet dan menyebabkan kerusakan.

Sebab, ketika dipakai pastinya terdapat lem plastik film yang merembes dan menumpuk seiring berjalannya waktu. Membersihkan roller adalah solusi terbaik untuk menjaga agar mesin tetap awet dan bisa bekerja secara optimal.

Cara Membersihkan Roller Mesin Laminasi Roll

Berikut, beberapa langkah mudah untuk membantu kamu merawat mesin laminasi panas roll.

Langkah 1

Pastikan mesin dalam kondisi mati dengan memastikan tombol daya pada posisi off.

Langkah 2

Lepaskan gulungan plastik laminating dari roller mesin. Caranya putar roller kearah berlawanan atau mundur secara manual, menggunakan knop putar atau tuas putar yang terletak di bagian samping. Buka mesin atau penutup roller dan copot gulungan plastik laminating dari penyangganya.

Langkah 3

Jika mesin dalam kondisi panas, biarkan dulu agar suhu roller turun sampai suhu kamar dan aman saat disentuh.

Langkah 4

Bersihkan roller dengan bagian hijau atau bantalan abrasif pada spons cuci piring. Caranya tuangkan alkohol denat atau cairan pembersih jendela, kemudian peras untuk membuang kelebihan cairan. Gosok secara horizontal dan putar roller dengan tangan saat membersihkan.

Langkah 5

Pastikan sudah tidak ada sisa-sisa lem, kertas, plastik laminating, dan tinta yang menempel pada roller mesin laminasi roll panas.

Langkah 6

Keringkan, menggunakan kain majun / mikrofiber / kain bebas serat yang lembut.

Langkah 7

Pasang kembali gulungan laminating film ke tempatnya agar mesin siap digunakan.

Catatan :

Jika mesin laminating roll panas jarang digunakan, kamu bisa mengatur jadwal perawatan secara rutin. Sebab, membersihkan dan merawat mesin laminating meskipun terkesan remeh, tetapi penting untuk dilakukan secara teratur dan benar.

Setidaknya bersihkan mesin laminating roll, tiga sampai enam bulan sekali. Jika sering digunakan, maka harus lebih sering membersihkan lem dan kotoran yang menumpuk.

Tips Membersihkan Kotoran Yang Membandel

Sebagai sebuah mesin produksi, tentu kamu ingin alat yang kamu miliki dapat awet dan lancar digunakan dalam waktu yang lama. Karena tentu kamu tidak ingin keluar uang lagi untuk membeli yang baru.

Tidak hanya penjadwalan perawatan mesin yang perlu dipikirkan. Bagaimana cara kamu melakukannya, juga harus dipikirkan.

Sebab, membersihkan noda yang membandel pada roller mesin laminating dengan benda tajam akan menggores dan menyebabkan kerusakan. Dimana biaya penggantiannya cukup mahal.

Berikut beberapa tips untuk membersihkan kotoran yang menempel pada roll mesin laminating besar.

Tips 1

Keluarkan plastik laminating, kemudian panaskan roller untuk menghangatkannya. Kemudian gunakan bantalan gosok (pad hijau) spons cuci piring dan gosok lem yang mengeras dengan memutar roller pada kecepatan rendah.

Hati-hati saat melakukannya, karena roller bisa menjadi sangat panas dan sangat mudah membakar kulitmu. Untuk itu dibutuhkan sedikit kesabaran dan usaha untuk menghilangkan semua bekas lem yang menempel pada roller.

Tips 2

Bersihkan secara teratur, jika jarang digunakan bersihkan antara 3-6 bulan sekali. Dan bersihkan lebih sering untuk pemakaian yang lebih intens.

Tips 3

Segera bersihkan, jika secara tidak sengaja kamu salah memasukkan gulungan plastik laminating. Dimana plastik laminating terbalik sehingga bagian yang terdapat lem menempel pada roller.

Sebab, jauh lebih mudah menghilangkan kotoran yang lebih baru daripada yang sudah mengeras dan lebih lama. Untuk memperpanjang umur dan mengurangi resiko terjadinya kerusakan.

Tips 4

Mungkin kamu berfikir terdapat 3 jenis kotoran yang harus dibersihkan. Tapi sebenarnya ada 4 kotoran yang umumnya menempel dan sulit dibersihkan pada roll mesin laminasi panas. Ikuti step by step cara di bawah ini untuk menghilangkannya.

a. Kertas

Untuk membersihkan kertas, gunakan spons cuci piring dan beri hanya sedikit air untuk membasahi kertas. Lalu gosok perlahan dengan bantalan spons untuk mengeluarkannya.

b. Plastik Laminating

Tutup roll mesin laminating dan jalankan mesin untuk membuatnya panas, lakukan tanpa ada plastik laminating atau apapun yang melewati roller. Setelah dipanaskan, gunakan karet penghapus pensil untuk menyingkirkan plastik laminating yang menempel.

c. Cairan Lem / Perekat

Tutup rol dan jalankan unit untuk memanaskan lem pada rol. Kemudian, dengan menggunakan thinner atau alkohol denat, lepaskan lem dengan kain secara hati-hati. Kamu juga harus membersihkan roller bagian atas karena tentu lem dapat berpindah selama proses pengoperasian.

d. Tinta

Menggunakan spons dengan memberikan sedikit cairan alkohol denat pada sisi hijau. Gosokkan pada roll mesin laminasi. JANGAN memberikan terlalu banyak tekanan, gosok secara lembut dan hati-hati sampai roller menjadi bersih.

Perawatan mesin laminasi roll panas / mesin laminating thermal besar cukup mudah dan hampir semua orang bisa melakukannya. Yang perlu kamu lakukan hanyalah membersihkan dan menyingkirkan kotoran seperti kertas, perekat, plastik laminating, dan tinta secara lembut dan hati-hati

Jika kamu sudah lama tidak merawatnya, lakukan hari ini dan nikmati hubungan kerja yang panjang dengan mesin laminasi roll yang kamu miliki.

Konsultasikan problem mesin percetakanmu, melalui customer service Maxipro

Maxipro.co.id - Supplier Mesin Finishing Percetakan