Paket Usaha, Mesin dan Alat Produksi Bisnis Kerajinan Dari Akrilik - maxipro.co.id

Paket Usaha, Mesin dan Alat Produksi Bisnis Kerajinan Dari Akrilik - maxipro.co.id

Paket usaha kerajinan akrilik bisa menjadi acuan, bagi kamu yang ingin memulai bisnis dari akrilik. Ada beberapa mesin dan alat yang akan memudahkan proses pembuatan berbagai produk akrilik. Mulai dari gantungan kunci, huruf timbul, nomor rumah, pembatas meja, lampu hias, plakat, dan sebagainya.

Keberadaan mesin laser cutting sangat berpengaruh dalam proses produksi. Hal ini erat berkaitan dengan proses pemotongan material dan bahan untuk pembuatan produk yang ingin dihasilkan. Seperti pada akrilik, proses pemotongan sangat penting untuk bisa mendapatkan hasil yang diinginkan.

Saat Anda memiliki sebuah usaha baik industri atau percetakan, keduanya pasti memerlukan mesin atau alat yang digunakan untuk melakukan pemotongan pada material. Dengan memiliki mesin atau alat sendiri, biaya produksi akan semakin hemat dan efisien dibanding memotong akrilik melalui jasa potong di tempat lain.

Pemotongan menggunakan teknik laser cutting bisa dilakukan dengan mesin laser cutting. Sedangkan untuk pemotongan manual dapat dilakukan dengan alat seperti cutter akrilik atau gergaji. Namun untuk keperluan usaha besar atau heavy duty ada baiknya kamu mempertimbangkan penggunaan mesin laser cutting terbaik seperti Mesin Laser Cutting Telson 1390.

Usaha Akrilik Sangat Menjanjikan

Anda bisa memanfaatkan peluang usaha yang dimiliki akrilik. Dengan berbagai kelebihan seperti mudah dibentuk serta dapat dijadikan bermacam benda dan kerajinan menunjukkan bahwa usaha akrilik sangat menjanjikan untuk digeluti.

Modal akrilik ini cukup murah karena untuk material akrilik ini sendiri tidak terlalu mahal dan untuk skala usaha yang kecil, Anda bisa memanfaatkan pemotong akrilik dengan cutter atau gergaji. Namun jelas berbeda dengan menggunakan mesin laser cutting, Anda harus memperhatikan pemotongan akrilik agar tepat dan rapi.

Sebagai usaha yang sangat menjanjikan, akrilik bisa dibuat menjadi plakat, gantungan kunci hingga pelengkap furniture. Tampilan akrilik juga dapat dipercantik dengan menggambar dan memberikan warna di atasnya.

1. Alat Potong Manual

Saat Anda memulai usaha akrilik maka bisa menggunakan alat potong manual untuk memotong akrilik. Menggunakan alat yang manual memang membutuhkan kesabaran dan ketelitian, namun alat ini cocok untuk usaha kecil dengan pekerjaan yang tak terlalu banyak.

Alat potong manual untuk memotong akrilik contohnya ialah cutter akrilik dan gergaji akrilik. Keduanya harus dijalankan secara manual, oleh karenanya Anda harus memperhatikan prosesnya dengan benar.

a. Cutter Akrilik

Sama seperti cutter biasa pada umumnya, cutter akrilik berupa pisau tipis dengan pegangan pada ujungnya. Cutter ini juga berfungsi untuk memotong bahan, namun lebih dikhususkan untuk memotong material yang tebal dan keras dibanding kertas atau grey box, yakni seperti akrilik, kulit bahkan PVC.

Cutter akrilik memiliki bentuk ujung pisau yang unik dengan ujung yang tajam dan bawahnya berbentuk melengkung. Ujung yang melengkung berguna untuk memberikan efek ukiran yang mungkin akan diberikan pada permukaan akrilik.

Mata pisau pada cutter terbuat dari bahan material yang awet, tahan panas serta tidak mudah berkarat. Cara kerjanya adalah dengan membuat garis atau guratan pada akrilik lalu perlahan mematahkan akrilik sesuai guratan yang telah dibuat tadi.

b. Gergaji Akrilik

Gergaji akrilik sebenarnya memiliki bentuk yang tak jauh berbeda dengan gergaji kayu dan besi pada umumnya. Namun memang biasanya gergaji ini multiguna sehingga juga bisa digunakan untuk memotong bahan atau material lainnya seperti kayu, PVC dan MDF dengan ketebalan sekitar 5 cm hingga lebih.

Meskipun memerlukan tenaga listrik, Anda perlu mengoperasikan gergaji secara manual. Gergaji akrilik ada yang berbentuk standar berupa pisau dan badan mesin, namun ada pula yang dilengkapi dengan meja dan dikenal sebagai gergaji ukir.

Pada gergaji ukir, meja dapat dimiringkan hingga arah 45 derajat sehingga area kerja bisa semakin luas dan Anda mampu mengontrol proses pemotongan dengan mudah. Ukuran gergaji ukir akrilik ini juga tidak terlalu besar sehingga mudah ditempatkan dimana saja.

2. Alat Grafir Akrilik Manual

Ukir Akrilik dengan grinder/bor mini

Mengukir atau grafir akrilik juga bisa dilakukan secara manual. Namun, perlu diingat sedikit saja kesalahan, dapat mempengaruhi hasil produk. Sehingga dibutuhkan ketelitian dan banyak pengalaman agar mendapatkan hasil yang memuaskan.

Cara ini sangat direkomendasikan bagi kamu yang ingin mengukir gambar atau foto dengan biaya sangat murah. Untuk melakukannya dibutuhkan alat bor kecil / mini rotary grinder dan mata bor lancip untuk mengukir. Sebagai tambahan, diperlukan mata bor poles untuk menghaluskan hasil ukiran.

Jenis Mata Bor untuk Ukir Akrilik

Jika dibandingkan mengukir akrilik dengan teknik manual dan menggunakan laser, maka bisa dipastikan hasil dari mesin laser jauh lebih rapi, presisi dan halus. Karena untuk menjaga kepuasan pelanggan, hasil produksi yang maksimal akan lebih disukai dan mendapat testimoni positif.

Apalagi untuk produksi kapasitas besar, pengerjaan secara manual tentu akan memakan banyak waktu, biaya, dan manusia untuk menyelesaikannya. Sehingga dengan menggunakan mesin laser cutting & engraving dapat memangkas waktu, biaya dan tenaga untuk menyelesaikannya.

3. Mesin Laser, Potong dan Grafir

Laser cutting adalah sebuah teknik yang digunakan untuk memotong sebuah bahan material dengan penembakan sinar laser. Sedangkan engraving adalah teknik ukir atau grafir menggunakan sinar laser. Penggunaan teknik ini memungkinkan hasil potongan maupun ukiran akan rapi dan presisi.

Berbeda dengan cara manual, memotong akrilik menggunakan teknik ini dapat dilakukan secara otomatis. Anda hanya perlu menyiapkan desain gambar lalu mesin akan memproses pemotongan atau ukiran sesuai desain yang ada di dalam program.

Laser cutting mempunyai 3 fungsi utama yaitu cutting (memotong), marking (memberi tanda atau marka), serta engraving (mengukir). Ketiga fungsi tersebut dapat diaplikasikan pada berbagai media seperti kaca, kayu, keramik, akrilik, dan lain-lain.

Selain pada akrilik, Anda juga bisa mempergunakan teknik ini untuk pembuatan stiker, pahatan, ukiran dan sebagainya. Karena mendukung untuk melakukan pekerjaan yang kompleks dan detail, laser cutting sangat menguntungkan bagi usaha akrilik yang diukir seperti pada gantungan kunci, plakat dan lainnya.

Mesin Laser Cutting & Engraving Telson 1390

Maxipro sebagai solusi terbaik untuk segala kebutuhan digital printing, menyediakan mesin laser cutting yang dapat menghasilkan media sesuai dengan keinginan Anda. Untuk itu, mesin yang direkomendasikan adalah Mesin Laser Cutting Telson 1390.

Mesin ini menjadi produk andalan yang kami rekomendasikan untuk paket usaha dalam bisnis kerajinan akrilik skala besar. Sebab sangat membantu dan mempercepat proses pemotongan dan pembentukan bahan akrilik dan PVC.

Jika Anda ingin membuat plakat atau gantungan kunci, area kerja Mesin Laser Cutting Telson 1390 yang berukuran 1300 × 900 mm akan sangat membantu. Dengan area kerja yang luas maka dapat memudahkan Anda untuk melakukan pemotongan dan pengukiran pada bahan yang besar.

Selain itu, mesin ini juga mendukung berbagai format gambar seperti BMP, GIF, JPG, PCX, TGA, TIFF, PLT, CDR, DWG dan DXF. Bermacam format yang didukung akan membuat Anda bisa leluasa dalam membuat desain dan membuat hasil produk Anda semakin berkualitas.

Cara Kerja Mesin Laser Cutting CO2

Anda akan dapat memahami cara kerja mesin laser cutting dengan cepat karena tahapannya memang tergolong mudah. Yang perlu dilakukan adalah dengan meletakkan bahan dalam mesin, lalu secara otomatis mesin laser cutting akan bekerja dengan desain yang sudah diprogram.

Prosesnya adalah mesin laser cutting mengeluarkan sinar laser yang langsung menyentuh media. Laser tersebut dikontrol oleh program komputer sehingga pembentukan atau pemotongan bahan bisa minim error.

Saat pemotongan dan pembentukan bahan berlangsung, bagian yang tidak terpakai akan menguap karena diproses oleh laser. Sehingga hasil jadinya tidak akan meninggalkan sisa bahan dan media yang diinginkan akan memiliki finishing yang bagus dan rapi.

Jika dibandingkan dengan alat potong manual seperti gergaji dan cutter, mesin laser cutting memang unggul terutama dari segi hasil. Sedangkan untuk ukuran, mesin ini memiliki ukuran yang besar agar dapat memproses material berukuran besar dan berjumlah banyak dalam satu kali kerja.

4. Alat Penekuk/Lipat Akrilik

Paket Usaha Mesin Lipat Kerajinan Akrilik

Mesin Lipat Acrylic berguna untuk menekuk media berbahan acrylic agar menjadi berbentuk siku atau kotak. Ala ini memiliki dimensi yang tidak terlalu besar, sehingga kamu dapat meletakkanya dimana saja sesuai keinginan.

Hadirnya mesin ini dapat membuat usaha Anda semakin berkembang. Sebab kamu dapat dengan mudah membentuk akrilik sesuai permintaan menggunakan Mesin Lipat Acrylic.

5. Bor Listrik untuk Melubangi Akrilik

Bor untuk melubangi akrilik

Jenis mesin dalam paket usaha kerajinan ini berguna untuk melubangi akrilik. Caranya bisa dilakukan menggunakan mesin bor listrik biasa. Perbedaannya, terletak pada jenis mata bor yang digunakan. Kamu bisa menggunakan mata bor standar untuk kayu untuk melubanginya.

Namun, agar hasilnya lebih maksimal gunakan mata bor yang biasa digunakan untuk melubangi kaca. Agar akrilik tidak pecah dan menghasilkan lubang yang lebih rapi dan halus. Apalagi, terdapat berbagai ukuran mata bor dengan diameter berbeda yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan.

Semoga artikel tentang rekomendasi mesin dalam paket paket usaha kerajinan akrilik, bisa bermanfaat bagi kalian ya, Maxivers. Jika membutuhkan bantuan lebih lanjut mengenai kebutuhan bahan dan mesin percetakan untuk usaha percetakan, bisa menghubungi call center kami di bawah ini.

Yuk langsung saja kunjungi dan belanja di website kami yaaa !!!

FF

Pengertian Lengkap Tentang Alat Pemotong Kertas - Maxipro.co.id