Bahan Spanduk yang Tahan Lama

jenis-bahan-flexy-china-flexy-korea-flexy-jerman-spanduk-banner

Apa saja bahan yang diaplikasikan pada pembuatan spanduk maupun banner? Dalam industri digital printing dan percetakan, berbagai macam pilihan bahan kian bermunculan hingga menggantikan bahan spanduk. Awalnya spanduk hanya terbuat dari bahan kain karena belum ada jenis bahan spanduk yang lain. Berbeda dengan sekarang, spanduk memiliki berbagai macam pilihan yang sesuai dengan kebutuhan. Dengan begitu spanduk dan banner dapat berfungsi secara optimal.

Spanduk dan banner sampai saat ini memiliki peran yang penting dalam dunia promosi karena selain mudah ditemukan kedua media cetak ini mudah terbaca oleh masyarakat. Diluar kebutuhan bisnis, banner juga digunakan untuk merayakan acara khusus seperti dekorasi ulang tahun, menunjukkan dukungan politik, mengikuti pameran dan acara lainnya. Selain dapat ditempatkan diluar ruangan, spanduk dan banner juga dapat dipasang di dalam ruangan sehingga dapat berfungsi secara efektif

Baca juga: Fungsi Tipe – Tipe Banner Menjadi Sarana Promosi Jitu.

Untuk kalian yang ingin terjun dalam dunia percetakan atau ingin mencetak spanduk maupun banner sebaiknya ketahui dulu jenis bahan cetak yang akan digunakan. Karena banyaknya macam spanduk dan banner membuat kalian harus cermat memilih bahan yang sesuai kebutuhan.

Banner dapat dibuat dari beberapa opsi bahan. Bahan yang digunakan akan mempengaruhi kualitas dan dampak visual banner atau spanduk. Dengan memilih jenis bahan yang tepat maka dapat membantu mengoptimalkan fungsi banner.

Jenis Bahan Cetak Spanduk Dan Banner

Gambar: Bahan Flexi

Flexi merupakan pilihan yang tepat untuk banner outdoor karena memiliki ketahanan cuaca dengan memiliki daya tahan optimal. Hasil cetakan pun berkualitas bagus dan terlihat jelas dari kejauhan. Tinta outdoor yang digunakan juga harus waterproof agar tidak mudah pudar atau rusak ketika banner terkena air hujan dan sinar matahari. Keunggulan bahan flexi ini memiliki ketahanan jangka waktu bulanan bahkan tahunan, kecuali dalam cuaca ekstrem.

Kenali terlebih dahulu bahan flexi untuk mendapat kualitas cetak terbaik. Berikut bahan-bahan flexi yang umum digunakan untuk media promosi indoor maupun outdoor:

a. Flexi China

Jenis bahan spanduk ini memiliki karakter agak halus, agak tipis dan kasar. Namun memiliki serat di dalamnya. Memiliki tingkat gramasi yang bervariasi tapi yang paling umum digunakan dalam industri percetakan yaitu 230 s/d 400 gr. Flexi china banyak digunakan untuk mencetak Spanduk, Baliho, Umbul-Umbul, X Banner, Roll Up, Y Banner, Photowall, Mini X Banner, Wallpaper, Backdrop, Billboard, maupun Backwall.

Kelebihan bahan flexi china memiliki tingkat kekuatan yang baik apabila di area indoor sebab tidak terpapar air hujan dan sinar matahari, bila digunakan diluar ruangan ketahanan bahan flexi china akan semakin berkurang, bahannya mudah sobek dan retak selain itu tintanya juga memudar. Akan tetapi bahan flexi china tetap digemari karena memiliki harga yang ekonomis.

b. Flexi Korea

Jenis bahan flexi ini agak kasar dan agak tebal. Jika dilihat dari kualitas cetaknya menghasilkan kualitas cetak yang tinggi. Bahan Flexi Korea tidak hanya dipakai untuk pencetakan spanduk saja, namun bisa digunakan untuk mencetak X Banner, Mini X Banner, Y Banner, Roll Up Banner dan Backwall/Backdrop. Gramasi yang umum dipakai 230 s/d 350 gr. Untuk Lebar gulungan bahan untuk proses cetak diantara lebar 250cm, 320cm dan 550cm.

c. Flexi Jerman

Bahan flexi jerman ini memiliki kualitas diatas bahan flexi china dan korea karena memiliki ketebalan yang bagus untuk iklan media outdoor seperti baliho dan spanduk. Selain itu flexi jerman ini juga cocok untuk media iklan indoor atau di dalam ruangan semacam X Banner, Mini X Banner,  Roll Up, Y Banner. Ukuran gramasi yang umum digunakan jenis ini berkisar antara 230 sampai 400 gram. Jika dilihat dari segi harganya, flexi jerman ini memiliki harga yang lebih mahal dari jenis flexi lain. Namun bahan jenis ini jarang ada di industri percetakan sebab digital printing hanya menyediakan bahan jenis flexi china dan korea saja. Hal ini bisa menjadi penyebab harga nya yang mahal karena hanya ada di industri percetakan yang lengkap dan besar.

Nah sekarang kalian sudah tau jenis bahan yang digunakan untuk spanduk dan banner. Kalian juga pasti tahu mesin finishing terbaik untuk spanduk dan banner hanya di Maxipro.co.id.

Baca juga:

Cara Membuat Tas Daur Ulang Dari Kertas Karton

Packaging Terbuat Dari Kertas Karton (Cardboard box)

×