Jenis Cutting Sticker Yang Wajib Kalian Tahu! - Maxipro.co.id

Jenis Cutting Sticker Yang Wajib Kalian Tahu! - Maxipro.co.id

Sticker merupakan salah satu media promosi paling murah dan mudah untuk didapatkan. Dan salah satu jenis sticker yang paling mudah dibuat adalah cutting sticker. Pengertian cutting sticker adalah sticker yang desainnya membutuhkan pemotongan untuk mendapatkan hasil akhirnya.

Pembuatan cutting sticker pun tergolong mudah karena biasanya menggunakan teknologi digital dan tinggal mencetaknya lalu memotongnya sesuai dengan bagian garis potong atau garis putus-putus. Meskipun begitu, cutting sticker memiliki beberapa jenis yang cukup berbeda satu sama lain.

 

Ada 3 jenis cutting sticker yang harus diketahui

Jenis sticker tersebut adalah kiss cut, printable, dan  sticker die cut. Perbedaan kiss cut dan die cut sticker adalah pada proses pemotongannya. Salah satu favorite masyarakat dipasaran adalah sticker cutting. Karena sticker cutting yang berbahan vinyl mampu bertahan di situasi luar ruangan, tidak luntur jika terkena air, dan tidak mudah sobek.

 

Kiss cut

 

Jenis Cutting Sticker Yang Wajib Kalian Tahu! - Maxipro.co.id

 

Bagian dasar pada stiker ini lembaran berbentuk segi empat maupun berbentuk persegi panjang. Sering kita jumpai jenis stiker ini dari berbagai macam desain, logo yang biasanya digunakan perusahaan untuk media promosi. Sticker kiss cut ini dipotong hanya sampai lapisan kedua yakni lapisan vinyl. 

Berikut cara langkah mengaplikasikan kiss cut : 

  1. Siapkan stiker kiss cut. 
  2. Media yang akan ditempeli stiker, Sebaiknya media dibersihkan terlebih dahulu dari kotoran kotoran debu. 
  3. Lepaskan cutting stiker vinyl dari lembarannya.
  4. Tempelkan stiker pada media yang anda inginkan ,dilakukan secara perlahan agar tidak bergelembung.  

 

Die cut sticker 

Jenis Cutting Sticker Yang Wajib Kalian Tahu! - Maxipro.co.id

Die cut sticker adalah jenis cutting sticker yang desainnya dicetak pada kertas, Dipotong dengan pisau khusus untuk menyesuaikan bentuk. Terdapat tiga lapisan pada die cut sticker yaitu lapisan gambar atau vinyl, lapisan plastik sebagai pelindung, dan backing paper di bagian belakang.

Alat pemotong die cut sticker disebut dengan die tool. Proses pembuatan die cut sticker ini memotong mengikuti cara pola desain hingga ke bagian backing paper. 

Berikut cara langkah mengaplikasikan Die cut sticker : 

  1. Siapkan die cut sticker. 
  2. Membersihkan permukaan media terlebih dahulu sebelum anda menempelkan stiker. 
  3. Siapkan penggaris untuk menggosok permukaan sticker. 
  4. Tempelkan stiker ke media. 
  5. Gosok lapisan sticker die cut hingga gambar menempel dengan sempurna. 
  6. Terakhir lepaskan lapisan pelindungnya. 

 

Stiker printable

Stiker printable ini salah satu jenis cutting stiker yang mudah diaplikasikannya. Teknik ini dapat diaplikasikan untuk pembuatan kaos sablon. Dengan backing paper putih, sticker printable dibuat menggunakan printer eco solvent. 

Cara menempelkan stiker printable : 

  1. Siapkan sticker printable yang sudah di-cutting. 
  2. Bersihkan permukaan media sebelum menempelkan stiker. 
  3. Lepas bagian backing paper. 
  4. Tempel stiker sesuai keinginan anda. 

Alasan mengapa stiker cutting sangat laris dipasaran adalah sticker die cut, sticker printable dan kiss cut  cara kerjanya mudah. Ketiganya menggunakan jenis bahan stiker vinyl, Kemudahan diaplikasikan di berbagai macam seperti pintu, meja, helm, lemari, Selain itu juga sticker bisa digunakan untuk mempercantik dekorasi ruangan.  

Die cut sticker, kiss cut, dan printable sticker, semua dari ketiganya menggunakan jenis bahan sticker vinyl. Bisa untuk mempercantik dekorasi ruangan, mobil, meja, helm, pintu. 

 

Apa yang dimaksud dengan  sticker die cut?

Die cut sticker adalah jenis stiker yang sudah terpotong-potong menyesuaikan garis objek. Sticker pack yang sudah dipotong kecil-kecil produk tersebut termasuk salah satu contoh die cut sticker. Ada 3 lapisan yang terdapat di sticker die cut yaitu, lapisan gambar, lapisan pelindung, dan lapisan belakang.

Yang menarik pada die cut sticker ini adalah lapisan dasar kertas pada jenis stiker ikut terpotong bersamaan dengan lapisan atasnya. Memotong die cut sticker dengan tepat, diperlukan die tool yang terbuat dari bahan besi dan kayu. Jenis stiker ini digunakan untuk kendaraan, meja, dekorasi dinding. Alat ini dirancang memiliki layout dengan lembar stiker sebelumnya. 

 

Perbedaan die cut sticker dan kiss cut

Dalam proses pemotongan kertas yang disebut dengan cutting. Terdapat beberapa teknik cutting untuk jenis cutting sticker, pada umumnya yang digunakan teknik cutting die sticker dan sticker kiss cut. Sebelum mencetak sticker sebaiknya anda mengetahui terlebih dahulu perbedaan-perbedaan jenis cutting yang biasanya ada di toko percetakan. 

  • Sticker die cut 

Desain sticker yang sudah dicetak pada kertas, dipotong harus menyesuaikan bentuk menggunakan pisau khusus. Teknik cutting pada sticker ini dipotong dengan menyesuaikan bentuk sticker yang sudah didesain atau yang sudah dibuat. Alat yang biasa digunakan untuk memotong die cut sticker biasanya disebut dengan die tool.  

Agar sticker terpotong dengan tepat sesuai dengan desain proses pemotongan harus dilakukan secara hati–hati dan teliti. Agar permukaan sticker tidak tersangkut pada alat pemotong kertas kamu harus mempunyai lapisan karet. Jangan lupa cek gambar stickernya.

Pastikanlah cetakan dan lembaran kertas sticker berada di posisi yang tepat. Lembaran kertas besar yang sudah dicetak dimasukan kedalam mesin pemotong kertas otomatis. Kemudian kertas sticker dipotong lembar demi lembar. 

  • Sticker kiss cut 

Hampir sama dengan die cut sticker, namun ada sedikit perbedaan dengan die cut sticker. Proses pemotongan sticker kiss cut dilakukan dengan tekanan pisau yang dibatasi. Die cut sticker memiliki lapisan belakang kertas yang ikut terpotong. Sementara sticker kiss cut tidak.

Memiliki perbedaan pada proses pemotongan dan pembuatan. Sticker kiss cut ini hanya menggunakan pisau pemotong kertas sticker pada lapisan vinyl saja. Proses pemotongannya tergolong unik.

Ketika kamu melepaskan sticker, maka akan menyisakan backing paper atau lembaran kertas. Berguna sebagai produk label identitas, kerajinan tangan, dekorasi dan dekorasi scrapbook. 

 

Jenis cutting sticker seharusnya memiliki bentuk yang menarik

Keberadaan sticker bukanlah hal asing di masyarakat. Oleh karenanya, ada baiknya jika sticker yang kalian miliki tergolong unik dan membedakan dari yang lain. Salah satu caranya adalah dengan merapikan sticker menggunakan mesin potong

Maxipro sebagai solusi percetakan digital yang terdepan tentu memiliki berbagai rekomendasi mesin untuk memenuhi kebutuhan kalian. Tak terkecuali dengan mesin potong kertas yang bisa Maxivers gunakan untuk merapikan ukuran stiker.

Salah satu mesin potong terbaik di Maxipro adalah Mesin Potong Kertas Telson MP520H STMesin ini bahkan bisa memotong atau merapikan kertas yang memiliki ketebalan 1 rim atau sebanyak 500 lembar. Fakta tersebut membuat mesin ini sangat cocok untuk usaha menengah ke atas.

Dilengkapi dengan sistem mutakhir dan touch screen tentunya memberikan pengalaman yang maksimal pada penggunanya. Sistem potong kertas hydraulic dan mechanical pedal yang ditawarkan Mesin Potong Kertas Telson MP520H ST pun memastikan pengguna mendapatkan kemampuan mesin yang maksimal. Lebih lengkapnya bisa Maxivers lihat di halaman berikut ini ya!

Mesin Potong Kertas Telson MP520H ST

Semoga artikel dari Maxipro kali ini bisa bermanfaat bagi kalian ya, Maxivers. Jika membutuhkan bantuan lebih lanjut mengenai kebutuhan bahan dan mesin percetakan untuk usaha percetakan, bisa menghubungi call center kami di bawah ini.

Yuk langsung saja kunjungi dan belanja di website kami yaaa !!!

Jenis Cutting Sticker Yang Wajib Kalian Tahu! - Maxipro.co.id