Dapatkan informasi dan promo menarik dari maxipro sekarang juga!

Serba Serbi Jenis, Ukuran dan Fungsi Amplop

Amplop sering digunakan untuk membungkus surat yang berupa kertas. Menurut wikipedia, Amplop adalah  adalah sebuah bungkus dari surat atau benda yang dikirimkan per pos. Sebuah amplop biasanya terbuat dari kertas yang dipotong berbentuk belah ketupat dan dilipat sedemikian rupa.

Tujuan amplop digunakan agar apapun yang ingin dikirimkan nantinya bisa aman dan terjaga kerahasiaannya. Bagian luar amplop juga dibuat sedemikian rupa agar ada space untuk menuliskan nama si penerima. Nama dituliskan sebelah kanan atau sebelah belakang nama dan alamat pengirim ditulis. Sebuah amplop bisa langsung ditutup karena biasanya memiliki perekat.

Sebelum menggunakan amplop untuk dikirim ke atasan atau rekan kalian, berikut jenis dan ukuran amplop yang perlu kalian ketahui terlebih dahulu.

Amplop Resmi

Amplop ini biasa digunakan pada berbagai kantor untuk dapat mengirimkan surat kepada mitra mereka. Untuk ukurannya sendiri, amplop ini bisa dimasuki dengan ukuran kertas A4 sebagai salah satu media dalam penulisan surat.

Baca juga : Jenis Finishing Kertas Sertifikat Penghargaan

Amplop Bisnis

Amplop bisnis adalah salah satu jenis amplop yang bercirikan pada bagian kopnya ada logo atau nama perusahaan yang memiliki dan menggunakan amplop tersebut. Biasanya digunakan untuk mengirimkan surat kepada rekan bisnisnya.

Amplop Kartu

Amplop kartu ini sama sekali tidak resmi. Karena amplop kartu biasa difungsikan untuk membungkus berbagai kartu ucapan dengan ukuran yang sangat beragam. Kartu ucapan itu kemudian diberikan kepada teman atau kerabat yang merayakan sesuatu. Amplop kartu terbilang cukup ceria dengan pilihan warna-warna yang cerah. Orang-orang memilih warna amplop kartu ini biasanya juga seragam dengan warna kartu ucapan yang akan dikirimkan.

Baca juga : Tips Agar Pesta Berkesan Dengan Produk Percetakan

Amplop Pendek

Amplop pendek sudah sangat sering ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Amplop jenis ini berukuran sangat mini. Fungsinya lebih sering digunakan untuk menyimpan atau mengirimkan dokumen kecil. Tidak hanya itu, amplop pendek juga bisa menyimpan sejumlah uang. Biasanya ibu-ibu yang mau ke kondangan sering melakukan ini.

Amplop Panjang

Amplop panjang mirip amplop pendek dengan ukuran yang sedikit lebih panjang. Biasanya digunakan untuk menyimpan surat yang tidak terlalu resmi atau bisa juga difungsikan untuk menyimpan sejumlah uang, seperti kegunaan dari amplop pendek.

Amplop Besar

Amplop yang satu ini berukuran layaknya kertas F4, yang mana biasanya juga akan lebih sering digunakan untuk memasukkan berkas surat lamaran pekerjaan. Warna dari amplop besar yang biasa ditemui berwarna coklat.

Baca juga : 5 Cara Membuat Orang Tertarik Pada Kartu Nama

Sedangkan untuk ukuran amplopnya sendiri bisa menyesuaikan dengan surat yang kalian punya. Berikut daftar ukurannya:

  1. Amplop C7 memiliki ukuran 81 x 114 mm (3.2 x 4.5 inci). Amplop C7 sesuai untuk kertas A7 (atau kertas A6 yang dilipat dua sebanyak satu kali)
  2. Amplop C7/C6 memiliki ukuran 81 x 162 mm (3.19 x 6.4 inci). Amplop ini sesuai untuk kertas berukuran 1/3 A5.
  3. Amplop C6 memiliki ukuran 114×162 mm (4.5 x 6.4 inci). Amplop C6 sesuai untuk kertas A6 (atau kertas A4 yang dilipat dua sebanyak dua kali)
  4. Amplop C6/C5 memiliki ukuran 114 × 229 mm (4.5 x 9 inci). Amplop ini sesuai untuk kertas berukuran 1/3 A4.
  5. Amplop C5 memiliki ukuran 162 × 229 mm (6.4 x 9 inci). Amplop C5 sesuai untuk kertas A5 (atau kertas A4 yang dilipat dua sebanyak satu kali).
  6. Amplop C4 memiliki ukuran 229 × 324 mm (9 x 12.8 inch). Amplop C4 sesuai untuk kertas A4.
  7. Amplop C3 memiliki ukuran 324 × 458 mm (12.8 x 18 inch). Amplop C3 sesuai untuk kertas A3.
  8. Amplop B6 memiliki ukuran 125 × 176 mm (4.9 x 6.9 inci). Amplop B6 sesuai untuk kertas C6.
  9. Amplop B5 memiliki ukuran 176 × 250 mm (6.9 x 9.8 inci). Amplop B5 sesuai untuk kertas C5.
  10. Amplop B4 memiliki ukuran 250 × 353 mm (9.8 x 13.9 inci). Amplop B4 sesuai untuk kertas C4.
  11. Amplop E4 memiliki ukuran 280 × 400 mm (11 x 15.75 inch). Amplop E4 sesuai untuk kertas B4.

Itulah macam-macam jenis amplop yang sering kita gunakan. Fungsi amplop tergantung ukuran yang kalian gunakan. Semoga artikel ini bermanfaat.

Related Posts

Post a Comment

Mesin Percetakan

Harga Mesin Percetakan Terbaik Hanya Di Maxipro, Kegiatan Usaha Percetakan Anda Jadi Lebih Praktis Dan Mudah. Mesin percetakan offset dan mesin digital printing merupakan kategori peralatan usaha percetakan yang paling populer di Indonesia. Hal ini dikarenakan proses pencetakannya yang sangat mudah tanpa adanya jumlah minimal order. Anda bahkan bisa mencetak satu lembar jika diperlukan. Mesin ini digunakan untuk mencetak cetak kartu nama, leaflet, nota, majalah dan berbagai jenis cetakan lain. Dengan fungsinya yang menarik mungkin Anda bertanya-tanya berapa harga mesin percetakan atau mesin digital printing ini? Jawabannya bisa Anda temukan dengan menghubungi CS (Customer Service) kami di website Maxipro. Harga mesin percetakan cukup bervariasi sesuai dengan spesifikasi, ukuran, fitur dan material yang digunakan.

Jenis-Jenis Mesin Percetakan

Mesin percetakan yang berkualitas akan mempengaruhi hasil cetakan Anda. Seperti keakuratan warna yang dihasilkan serta kerapian pada hasil cetakan Anda. Mesin ini hadir untuk memenuhi kebutuhan Anda dalam mencetak dokumen baik dalam jumlah yang sedikit maupun banyak dengan waktu yang relatif singkat. Untuk mendapatkan mesin percetakan ini dan berbagai peralatan usaha lain Anda bisa mengunjungi Maxipro. Maxipro merupakan distributor mesin percetakan surabaya yang terpercaya dan terjamin kualitasnya. Sebagai distributor mesin percetakan surabaya, Maxipro juga menyediakan berbagai mesin dan peralatan usaha seperti Mesin Laminating, Mesin Laminasi, Alat Laminating, Alat Laminasi untuk laminating kertas, Mesin Potong Kertas, Mesin Potong Kartu Nama, Mesin Pemotong Kertas, Alat Potong Kertas, Alat Potong Kartu Nama, Alat Pemotong Kertas, Mesin Jilid Buku, Alat Jilid Buku untuk Jilid Buku, Alat Creasing, Alat Rel, Mesin Rel Kertas, Mesin Rel Kertas.

Maxipro, Lengkap dan Terpercaya

Jika Anda sedang mencari mesin percetakan dan peralatan usaha maka memilih Maxipro merupakan pilihan yang tepat untuk Anda. Maxipro sebagai distributor mesin percetakan surabaya menjual peralatan cetak dari berbagai merek yang di import langsung dari produsen. Semua peralatan cetak yang kami jual sudah terbukti kualitas dan keandalannya. Sebagai Supplier Terpercaya dalam bidang grafika dengan harga murah dan produk yang terbaik. Bila anda pemilik digital printing, percetakan, tempat fotokopi, PT. Maxipro Group Indonesia adalah tempat terbaik untuk anda membeli bahan cetak, alat cetak, mesin fotokopi dan mesin finishing. Terlengkap dan harga murah. Hanya Maxipro Pusat Perlengkapan Percetakan Terlengkap !

Hubungi Kami

Hubungi Kami


    This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

    location

    Surabaya

    Jl. Semut Baru
    Kompleks Pengampon Square C6

    location

    Jakarta

    Jl. Pangeran Jayakarta 44
    Komplek Hotel Orchardz Kav 35