Kenali Perbedaan Pamflet Dan Brosur Dengan Mudah - Maxipro

Jika kalian dalam suatu aktivitas promosi, pemasaran, ataupun penyebaran informasi, tentunya akan lebih baik saat kalian dapat memilih cara yang lebih efektif serta efisien sehingga tidak terlalu menghabiskan banyak biaya.

Pamflet dan brosur merupakan perangkat perangkat umum yang digunakan untuk mencapai hal tersebut, selama diperhitungkan dengan matang beberapa faktor seperti lokasi dan audiensnya. Meskipun pamflet dan brosur sangat sering didengar, tetapi banyak pula yang masih belum memahami apa perbedaan dari kedua nama tersebut. 

Dikarenakan, pada artikel kali ini kami akan menjelaskan apa saja perbedan dan ciri khas antara pamflet dan brosur, sehingga anda akan lebih mudah memahami mengenai hal tersebut.

Berikut ini adalah macam macam perbedaan dari pamflet dan brosur yang dilihat dari berbagai segi, mulai dari jenis kertas yang akan digunakan, biaya produksi, ukuran, serta tujuan dan kegunaannya.

 

Apa kalian mengerti brosur?

 

Kenali Perbedaan Pamflet Dan Brosur Dengan Mudah - Maxipro.co.id

 

Brosur adalah alat pemasaran umum yang digunakan untuk mengiklankan produk atau layanan dan brosur juga bisa dilipat sehingga terkesan lebih simple dan elegan. Brosur memiliki tampilan dan desain yang lebih unik, biasanya dibuat dari paper yang lebih keras dari bahan pamflet. Biasanya brosur berisikan gambar atau informasi yang terfokus pada produk atau layanan. Brosur biasanya tidak di jilid, tapi ada beberapa yang menjilidnya.

 

Jenis Brosur

Sebagian besar brosur datang dalam dua jenis: brosur lipat dua (bi-fold) dan brosur lipat tiga (tri-fold) yang akan kami jelaskan sebagai berikut.

Brosur Lipat Dua (Bi-fold)

 

Kenali Perbedaan Pamflet Dan Brosur Dengan Mudah - Maxipro.co.id

 

Brosur lipat dua (bi-fold) adalah brosur yang memiliki lipatan tunggal dan berisi empat bagian yang cukup besar.

Panel-panel ini berisikan informasi yang umumnya dilengkapi dengan gambar. Brosur bi-fold biasanya digunakan untuk informasi. Digunakan ketika penerima terbatas dan distribusinya melalui pengiriman langsung atau melalui toko ritel, merupakan salah satu fungsi brosur dua lipat.

Brosur Lipat Tiga (Tri-fold)

 

Kenali Perbedaan Pamflet Dan Brosur Dengan Mudah - Maxipro.co.id

 

Di jenis ini, adalah brosur yang memiliki dua lipatan dan berisi enam panel yang biasanya mencakup banyak topik.

Brosur trifold ini biasanya akan memiliki lebar yang lebih ramping dibanding brosur lipat dua, dan secara khusus dirancang untuk didistribusikan dengan tangan atau melalui surat dan juga cukup nyaman untuk ditumpuk di ruang pamer atau rak toko ritel. Selain itu, brosur jenis ini biasa digunakan karena sangat mudah untuk dibawa-bawa dan didistribusikan.

 

Ciri Ciri Brosur

Brosur umumnya lebih ringkas dan kegunaannya untuk mempromosikan produk, acara, perusahaan, layanan, aktivitas, hiburan dan biasanya diberikan kepada pelanggan untuk menutup penjualan atau setelah pembelian

Pada dasarnya brosur harus menarik dan efektif supaya dapat menarik perhatian pembaca karena brosur biasanya diletakkan di rak toko, atau dibagikan secara langsung oleh para SPG atau SPB atau representasi dari perusahaan

 

Apa itu pamflet?

Pamflet merupakan kertas promosi yang sengaja dicetak bolak balik tanpa menambahkan cover. Informasi yang tertera pada pamflet sangat beragam. Mengkombinasikan desain gambar menarik dengan teks informasi. Ukurannya sedikit lebih kecil daripada brosur sehingga bisa dibawa atau disimpan dengan mudah dalam tas.

 

Kenali Perbedaan Pamflet Dan Brosur Dengan Mudah - Maxipro.co.id

 

Pamflet bertujuan memberikan informasi yang terperinci kepada para pembacanya, dan biasanya topiknya terfokus pada satu hal misalnya informasi jadwal kegiatan, buku petunjuk, dan lain sebagainya yang umumnya isinya lebih ringkas dan padat dibandingkan dengan brosur 

 

Jenis Pamflet

 

Kenali Perbedaan Pamflet Dan Brosur Dengan Mudah - Maxipro.co.id

 

Pamflet memiliki tiga jenis utama yaitu: pamflet budaya, pamflet pemerintahan atau layanan masyarakat, dan pendidikan. Setiap jenis ini dirancang untuk memberikan informasi yang berbeda-beda dan spesifik.

  • Pertama, pamflet budaya digunakan untuk memberikan informasi tentang berbagai negara dan budaya termasuk geografi, populasi, dan data geografis dalam bentuk infografis atau data statistik.
  • Kedua, pamflet pemerintahan atau layanan masyarakat biasanya digunakan untuk mendistribusikan informasi tentang masalah masalah lokal, seperti tata cara, cara memilih pemilu yang akan datang, ataupun referendum.
  • Ketiga, pamflet pendidikan digunakan untuk memberi tahu orang orang tentang sesuatu atau seseorang yang dapat membuat pembaca mendidik diri mereka sendiri tentang topik tertentu.

Ciri Ciri Pamflet

Pamflet umumnya digunakan untuk tujuan edukatif dan informatif. Namun, pamflet kadang-kadang, meskipun jarang, digunakan untuk mempromosikan produk atau jasa yang lebih rinci.

Biasanya suatu pamflet akan berisikan daftar isi, judul, subtitle, gambar, bagan, grafik, atau apa pun yang dapat memberikan informasi lengkap.

Pamflet juga dapat digunakan untuk berbagai macam topik. Mulai dari topik terkait pendidikan, keluarga berencana, kampanye politik, manual pelatihan, buku panduan hingga peralatan rumah tangga.

Selain itu, pamflet juga dapat digunakan sebagai katalog, bahan referensi, manual, dan lain sebagainya, yang intinya adalah bertujuan memberikan informasi yang rinci dan lengkap kepada para pembacanya. Biasanya pamflet didistribusikan oleh orang-orang yang ditugaskan atau juga dapat dikemas bersama dengan benda atau barang yang membutuhkan instruksi atau manual.

Desain pamflet juga tidak perlu menarik, bahkan Anda dapat menggunakan kertas HVS biasa dan Anda juga tidak harus menggunakan banyak warna selama pamflet tersebut akan memberikan informasi.

 

Sudah paham mengenai perbedaan pamflet dan brosur?

Secara singkat, perbedaan pamflet dan brosur bisa terlihat dari jumlah lipatannya. Brosur biasanya memiliki banyak lipatan atau bisa dibilang terdiri dari beberapa ‘halaman’. Sementara pamflet juga dikenal sebagai flyer atau selebaran, karena hanya terdiri dari satu lembar saja tanpa ada lipatan.

Dalam penyebarannya, tampilan brosur dan pamflet juga harus diperhatikan agar terlihat rapi dan menarik. Dari segi kerapian, kalian bisa merapikan pamflet dan brosur dengan mesin potong kertas yang handal. Maxipro sebagai solusi terbaik untuk usaha digital printing, dapat merekomendasikan salah sartu mesin potong kertas terbaik, yakni Mesin Potong Kertas Telson MP490 Motor.

Mesin Potong Kertas Telson MP490 Motor digunakan untuk memotong kertas, sehingga dapat memudahkan dalam memotong serta merapikan berkas dan dokumen kalian. Bahkan, kalian bisa memotong kertas dengan ketebalan yang cukup lumayan yaitu dengan ketebalan sekitar 1 rim 500 lembar dengan mesin ini.

Memiliki ukuran 95,5 cm x 74 cm x 123.5 cm, membuat mesin ini tergolong tidak terlalu besar untuk ukuran mesin yang bisa melaksanakan pekerjaan berat. Selain itu, dilengkapi dengan layar LCD, menjadikan Mesin Potong Kertas Telson MP490 Motor mudah untuk dioperasikan. Informasi lainnya bisa kalian lihat di halaman berikut ini ya!

Mesin Potong Kertas Telson MP490 Motor

Semoga artikel dari Maxipro kali ini bisa bermanfaat bagi kalian ya, Maxivers. Jika membutuhkan bantuan lebih lanjut mengenai kebutuhan bahan dan mesin percetakan untuk usaha percetakan, bisa menghubungi call center kami di bawah ini.

Yuk langsung saja kunjungi dan belanja di website kami yaaa !!!