Pengertian dan Kelebihan Mesin Pond - maxipro.co.id

Pengertian dan Kelebihan Mesin Pond - maxipro.co.id

Mesin pon / mesin pond / mesin press / die cutting ini adalah mesin pemotong dengan banyak kelebihan seperti bisa digunakan untuk berbagai macam bahan seperti spon sandal, karet, pvc, mika, kulit, imitasi, flanel, karton, kardus, kertas, kain dll. Mesin pond akan memotong bahan sesuai pola atau bentuk pisau pond yang digunakan.

Berbagai format ukuran dan model potongan dapat dihasilkan sesuai dengan keinginan. Namun dibutuhkan mesin dengan ukuran yang sesuai dengan kebutuhan agar mendapat hasil yang optimal. Variasi ukuran mesin, kelebihan, dan kekuatan press mesin pond menjadi faktor penting yang perlu diperhatikan ketika hendak membelinya.

Fungsi dan Kegunaan Mesin Pond

Mesin pond akan berfungsi dengan tepat, memotong bahan baku sesuai dengan bentuk pisau pond yang telah dibuat. Oleh karena itu kualitas dan keakuratan bentuk pisau pond menjadi kunci untuk mendapatkan hasil yang sempurna.

Mesin pond sangat diperlukan dalam berbagai kebutuhan pada usaha dibidang percetakan atau digital printing. Diantaranya untuk keperluan membuat pola plastik atau kertas kemasan produk tertentu. Setelah rancangan kemasan didesain sedemikian rupa melalui komputer dengan konsep yang tepat, baru nantinya diproses menggunakan mesin pond ini.

Selain digunakan untuk memotong bahan kemasan, juga dapat digunakan untuk perforasi, cutting sticker, rell buku dan lain sebagainya.

Lalu apa saja produk yang bisa dihasilkan menggunakan mesin pond? Variasi produk yang dihasilkan sangatlah banyak dan luas, mulai dari undangan pernikahan, handycraft, kemasan produk, kartu ucapan, papercraft, tiket gelang, dan masih banyak lagi.

Jadi bagi para pengusaha percetakan kehadiran mesin pond dengan banyak kelebihan ini sudah menjadi barang wajib untuk lebih memaksimalkan profit bisnis yang kalian jalankan.

Tak hanya usaha berskala pabrikan atau besar yang membutuhkan. Usaha kecil dan menengah (UKM) juga ikut merasakan manfaat dari mesin pond. Seperti pengrajin alas kaki, sandal dan sepatu. Juga pembuat aksesoris atau souvenir dari kertas, kardus, flanel, barang bekas, dsb.

Kelebihan lain dari mesin pond adalah tingkat resiko yang sangat minim dan perawatannya pun juga sangat mudah.

Kelebihan Mesin Pond / Die Cut Swing Arm

Tuas pengatur ketinggian

Mengatur ketinggian lengan hidrolik

Terdapat beberapa kelebihan menggunakan mesin pond yaitu :

1. Sampah atau scrap lebih sedikit

Pada mesin pond swing arm memungkinkan feeding menggunakan material berukuran lebih besar dan panjang. Jadi Anda tak perlu memotong material yang digunakan sesuai dengan ukuran area kerja mesin. Anda tinggal menggeser material dan pisau pond untuk secara kontinu memotong material berukuran panjang.

Dengan begitu proses produksi bisa berjalan lebih cepat, hemat, dan efisien. Ditambah dengan posisi material dan pisau pond yang bisa diatur dengan mudah, membuat tiap pemotongan tidak membuang terlalu banyak material.

Berbeda dengan mesin konvensional yang materialnya perlu dipotong sesuai ukuran area kerja dan dimasukkan ke dalam mesin.

Jenis mesin pond swing arm memiliki tingkat ketelitian lebih tinggi. Sebab lebih menempatkan posisi material dan pisau pond yang digunakan. Sehingga operator bisa lebih mudah memastikan area yang dipotong sudah tepat posisinya.

2. Pemasangan pisau pond lebih cepat

Pemasangan pisau pond pada jenis pond swing arm lebih cepat dibandingkan dengan jenis mesin konvensional. Sebab penyetelan dapat dilakukan secara manual dan lebih pasti melalui pengaturan posisi penempatan material.

3. Menghemat jumlah proses

Mesin progresif memungkinkan operator untuk memotong dalam bentuk yang lebih rumit dalam satu langkah pemotongan, sehingga menghemat tahapan proses.

4. Kekuatan press lebih besar dan stabil 

Karena bekerja menggunakan press hydraulic, maka hasil pemotongan akan lebih stabil. Tidak terjadi kesalahan potong seperti material yang cacat ataupun penempatan yang salah.

5. Jumlah produksi lebih banyak

Mesin pond swing arm berkekuatan 14 ton mampu lebih banyak kertas sekaligus. Apalagi tidak melibatkan terlalu banyak tenaga manusia. Mesin dapat berjalan terus-menerus dan tidak membuat operator cepat lelah karena pengoperasian yang sangat mudah dan ringan.

6. Cost lebih murah

Sebuah mesin pond swing arm hampir hanya membutuhkan satu tenaga kerja untuk menggerakkannya. Karena berbagai hal diatas seperti kecepatan, ketepatan, kestabilan, rutinitas, serta penghematan bahan, maka mesin tersebut mampu menghemat biaya cukup besar.

7. Tingkat kecelakaan lebih rendah

Dengan 2 handle atau pegangan pada mesin menjadi pengaman yang mencegah terjadinya kecelakaan kerja. Hal ini akan mencegah tangan operator terjepit ketika proses pengerjaan. Dimana operator perlu menekan tombol pada handle terlebih dahulu untuk menggerakkannya.

Mengingat kelebihan mesin pond swing arm atau swing air untuk die cutting dan stamping yang cukup banyak, diperkirakan mesin jenis ini akan menjadi mesin andalan dimasa yang akan datang. Sebab memiliki segudang kelebihan dibandingkan dengan mesin pond konvensional.

Demikian informasi yang terkait dengan dunia digital printing. Maxipro menyediakan ragam jenis mesin serta peralatan lain dengan harga kompetitif serta jaminan garansi klik di sini.

Yuk langsung saja kunjungi dan belanja di website kami yaaa !!!

Maxipro.co.id - Supplier Mesin Finishing Percetakan