Perhatikan!! 4 Tips Ini Saat Memilih Kertas Buffalo

Kertas-Buffalo

Apa itu kertas buffalo? Berapa ukuran kertas buffalo pada umumnya? Apa saja yang harus diperhatikan sebelum membeli kertas buffalo. Sekarang ini kertas menjadi kebutuhan yang paling wajib ada jika kalian ingin menulis atau mencatat tulisan yang penting agar dapat mengingatnya kembali dilain waktu, atau mungkin untuk kebutuhan yang lainnya seperti untuk menjilid buku, dan sebagainya namun tidak mengerti cara memilih kertas yang baik bagaimana.

Dalam memilih sebuah kertas tentunya kalian pasti akan sedikit bingung mengenai apa saja yang harus diperhatikan ketika memilih. Jenis kertas ada beragam di dalam dunia percetakan, salah satu jenis kertas yang akan dibahas adalah kertas buffalo.

Kertas buffalo memiliki kemiripan dengan kertas lainnya yaitu kertas BW atau BC. Kertas BW (Bluish White) dan BC (Brief Card) bertekstur halus, biasanya digunakan untuk mencetak sertifikat tetapi sering juga digunakan untuk mencetak kartu nama. Biasanya jenis kertas ini tersedia dalam banyak jenis pilihan warna sehingga dapat menambah pilihan variasi bagi cetakan anda. Namun ada perbedaan yang terdapat diantara kertas buffalo dan kertas BW/BC. Dibawah ini adalah tips agar kalian dapat memilih kertas buffalo dengan baik.

Tekstur Kertas Buffalo Lebih Kasar

Perbedaan yang paling mencolok dan dapat terlihat sangat jelas perbedaannya adalah dari tekstur kertasnya. Kertas buffalo memiliki tekstur kasar dan lebih terlihat di bagian kertasnya, yaitu terdapat tekstur serat seperti kayu, sementara BW atau BC lebih halus dan licin.

Namun untuk gramatur dari kedua kertas ini hampir sama. Memiliki ketebalan paling tipis yaitu 150gr dan yang paling tebal adalah 250gr, pilihlah ketebalan kertas sesuai dengan yang kebutuhan agar hasil pekerjaan tetap terlihat indah.

Perhatikan Ukuran Kertas Buffalo

Hal lain yang perlu diperhatikan saat memilih jenis ukuran kertas buffalo. Kertas jenis ini memiliki beragam jenis ukurannya, ukuran yang tersedia dijual di pasaran atau toko – toko alat tulis pada umumnya hanya ada A3, A4, F4.

Untuk ukuran kertas F4 adalah 21.6CM X 33 CM atau 8,5 inch x 13 inch, untuk ukuran A4 adalah 21.0 CM X 29.7 CM atau 8.3 inch x 11.7 inch, sedangkan untuk ukuran A3 adalah 29.7 CM x 42.0 CM.

Baca juga : Cetak Poster Terbuat Dari Bahan Apa?

Perhatikan Warna Yang Dipilih

Ketika memilih kertas yang satu ini, kalian juga harus memperhatikan warna yang dibeli agar tidak salah, karena kertas buffalo ini banyak sekali pilihan warnanya. Sebagai contoh untuk warna hijau, terkadang pada toko kertas tidak hanya menyediakan satu jenis warna hijau saja. Akan tetapi ada hijau muda, hijau tua, hijau daun, dan masih banyak lagi warna yang menyerupai hijau. Oleh karena itu pilihlah warna yang paling tepat untuk memadukannya dengan apapun karya yang kalian kerjakan.

Perhatikan Ketebalan Kertas Buffalo

Ukuran kertas buffalo dan ketebalan kertas merupakan dua hal yang berbeda, dalam memilih kertas buffalo kalian juga harus memperhatikan ketebalan kertas yang dijual di pasaran atau di toko, terkadang berbeda ketebalan atau ukuran bisa berpengaruh terhadap harga jual dari kertas tersebut.

Atau mungkin jika kalian sudah pernah membeli kertas buffalo sebelumnya namun kehabisan stok dan ingin membeli kembali dengan ukuran dan ketebalan yang sama. Tanyakan kepada penjual kertas buffalo agar nantinya tidak terjadi kesalahan dalam membeli kertas jenis satu ini.

Agar tidak kecewa dalam memilih barang yang akan kita beli, terutama untuk kertas, maka beberapa tips diatas wajib untuk kita ketahui, yaitu mulai dari tekstur kertas yang akan digunakan, lalu berlanjut ke ukuran kertas buffalo agar sesuai dengan yang dibutuhkan, begitu juga dengan ketebalan kertas yang dipilih, karena berbeda ukuran dan berbeda ketebalan bisa berpengaruh terhadap harga dari kertas tersebut.

Nah itulah tips dan trik memilih kertas buffalo. Biasanya, kertas buffalo ini digunakan sebagai cover agenda, notes, makalah, bahkan buku. Umumnya, kertas buffalo ini dijual dengan berat mulai dari 220 gram dan 250 gram. Dengan warna yang beragam, wajar jika kertas buffalo sering menjadi alternatif bahan untuk mencetak cover. Sekian artikel pembahasan mengenai kertas buffalo, sekiranya dapat membantu untuk mengenali lagi lebih jauh tentang jenis kertas satu ini dan menambah pengetahuan bagi para pembaca artikel ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×