Yuk Mengenal Mesin Jilid Lem Panas - Maxipro

Mesin jilid lem panas adalah mesin yang dibuat untuk menjilid buku, majalah, skripsi, novel, dan lain-lain, yang dimana biasanya dipakai di usaha percetakan atau bisnis digital printing. Untuk jenis mesin ini sendiri sangat bervariasi, dari yang ukuran besar sampai yang kecil pun tersedia di pasaran. Mesin yang berukuran kecil biasanya di pakai di usaha fotokopi biasa dan untuk mesin yang berukuran besar sendiri biasa digunakan di usaha percetakan besar.

Proses penjilidan pasti dilakukan dalam pembuatan suatu buku. Mesin jilid manual maupun mesin binding buku otomatis sangat diperlukan untuk menjilid buku tersebut, namun kalian harus memperhatikan ukuran dan ketebalan material agar sesuai dengan mesin yang digunakan. 

Dalam teknik penjilidan, ada tiga teknik umum yang biasa dilakukan yaitu teknik jilid spiral, staples dan lem panas. Pada penggunaan teknik jilid lem panas, membutuhkan mesin khusus untuk prosesnya. Di artikel kali ini, akan dibahas mengenai pengertian mesin tersebut hingga cara kerjanya. 

Apa itu mesin jilid lem panas?

Mesin Jilid Lem Panas Glue Binding BM 600P

Selain teknik jahit benang, teknik jilid lem panas bisa dibilang sempurna. Alasannya ialah karena teknik jilid lem panas bisa membuat hasil yang lebih rapi, awet untuk jangka panjang, menarik dan kuat. Maka dari itu pada bagian punggung buku lebih keras, rapi dan terlihat siku.

Contohnya nyatanya adalah cetakan buku seperti buku cetak mata pelajaran ataupun komik ataupun novel yang terlihat kaku namun rapi. Untuk melakukan teknik tersebut sangat sulit dikerjakan dengan tangan, sehingga harus menggunakan mesin binding

Teknik penjilidan yang menggunakan teknik lem panas harus menggunakan mesin jilid lem panas. Karena memiliki daya rekat yang kuat, mesin ini menjadi pilihan banyak pengusaha. Bentuknya pun beragam dengan beberapa tipe ataupun ukuran dijual dengan harga terjangkau. 

Bagaimana cara kerjanya?

Yuk Mengenal Mesin Jilid Lem Panas! - Maxipro.co.id

Caranya sangat mudah yaitu dengan menyiapkan punggung buku. Lalu, sisir salah satu sisi kertas agar lem dapat merekat di kertas lebih kuat. Dan jangan lupa panaskan lem terlebih dahulu sebelum diaplikasikan. 

Proses yang diperlukan terhitung singkat, tetapi pastikan mesin yang kamu pakai berkualitas supaya mendapatkan hasil yang sempurna. Lebih jelasnya, perhatikan tata cara menggunakan mesin jilid lem panas berikut ini:

  1. Pemakaiannya cukup mudah karena semi otomatis.
  2. Karena ukuran kapasitas buku untuk dijilid, seperti untuk buku ukuran A4 sendiri mempunyai kapasitas 180 halaman juga pada ukuran A3 sendiri mempunyai kapasitas 400 halaman, maka siapkan media kertas sesuai dengan kebutuhan.
  3. Dapat digunakan untuk menjilid buku sekolah, novel, komik, majalah, buku serial, skripsi, kliping, hard cover dan juga soft cover.
  4. Waktu untuk menggunakan mesin ini tergolong cepat karena hanya butuh waktu kurang dari 30 detik untuk kertas ukuran A4 dan juga A3.
  5. Daya rekat yang dimiliki mesin jilid lem panas sangat kuat, karena mempunyai daya panas yang dimilikinya. Sehingga pastikan posisi pengeleman media sudah sesuai dengan apa yang diinginkan.
  6. Untuk hasil akhir penjilidan sangat maksimal, pastikan kualitas mesin jilid lem panas dan lem panas yang digunakan adalah yang terbaik.

Dari fitur unggulan mesin jilid lem panas sangatlah diperlukan untuk para pengusaha digital printing. Karena sangat membantu, dan mesin ini dapat membantu bisnis kalian dengan fitur yang dimiliki saat ini.

Benda apa saja yang biasanya membutuhkan mesin ini?

Yuk Mengenal Mesin Jilid Lem Panas! - Maxipro.co.id

Dan apakah kalian pernah melihat buku, novel, majalah dan sejenisnya? Benda-benda tersebut adalah hasil dari penjilidan mesin jilid lem panas loh.

Ya, lem panas yang digunakan biasanya diaplikasikan pada buku seperti buku paket, novel, majalah, komik, dan sebagainya. Untuk saat ini, mesin jilid lem panas banyak digunakan pengusaha di bidang digital printing karena kemudahan penggunaan dan juga praktis.

Kegunaan lainnya adalah menjadikan sisi-sisi media tampak terbentuk dan rapi . Proses pengeringan lemnya pun hanya memerlukan waktu kurang lebih 2 jam dengan menggunakan mesin khusus, bukan tangan manual.

Selain harus memiliki mesin yang berkualitas, kalian juga harus memastikan lem panas yang digunakan memiliki kualitas yang baik agar hasil yang diberikan pada media yang dilem bisa maksimal.

Tips memilih mesin yang baik

Saat akan membeli mesin jilid lem panas, ada baiknya kalian memperhatikan 2 hal penting di bawah ini:

  • Lakukan pengecekan kualitas dalam mesin

Poin utama dalam memilih mesin adalah kualitas. Cobalah kalian lihat dari segi kualitas mesin tersebut, apakah sudah memenuhi standar yang ada atau belum. Hal ini supaya kalian tidak mengalami rugi dalam membeli mesin.

  • Spesifikasi mesin

Untuk memilih mesin yang berkualitas, maka kalian harus memperhatikan spesifikasi mesin tersebut. Semakin bagus spesifikasi mesin semakin bagus hasil yang dihasilkan mesin tersebut. Selain itu juga mesin jilid lem panas ini dilengkapi dengan sparepart yang lengkap.

Kelebihan mesin jilid lem panas

Meskipun mempunyai berbagai model di pasaran, namun pada umumnya mesin ini memiliki kelebihan yang selalu ada, yakni:

  1. Menerapkan bak yang terpisah antara lem punggung dan lem samping;
  2. Dapat juga menggunakan mode manual dan juga auto;
  3. Untuk membuat kualitas buku lebih kuat, bisa dengan menggunakan lem samping;
  4. Kapasitas ketebalan lem biasanya sekitar 5 cm dengan ukuran kertas hingga A3, dan;
  5. Biasanya sudah didukung sistem operasi touch screen.

Nah, untuk mesin jilid lem panas terbaik…..

Maxipro mempunyai rekomendasi mesin terbaik untuk kebutuhan kalian yang satu ini. Sebagai solusi kebutuhan digital printing, salah satu mesin Maxipro terbaik untuk melakukan penjilidan dengan lem panas adalah Mesin Glue Binding Telson BM600P.

Mesin ini digunakan untuk membantu proses pembuatan buku dalam jangka waktu yang singkat. Sudah sesuai dengan standar penerbit, Mesin Glue Binding Telson BM600P dapat menghasilkan penjilidan hingga 500 lembar ketebalan buku hanya dalam waktu kurang dari 5 menit.

Mesin Glue Binding Telson BM600P juga memiliki fitur untuk mengatur ketebalan lem yang akan digunakan sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, lem panas akan terus berputar pada roll mesin sehingga tidak mudah kering.

Dilengkapi dengan panel touch screen serta mode manual dan otomatis, maka akan membuat pekerjaan kalian semakin cepat karena pengerjaannya bisa efektif dan efisien menggunakan mesin ini. Pisau cacah yang ada juga membantu melukai kertas agar lem bisa menyerap dengan sempurna.

Sangat menarik bukan Mesin Glue Binding Telson BM600P? Informasi lebih lengkapnya bisa Maxivers lihat di halaman berikut ini loh!

Semoga artikel dari Maxipro kali ini bisa bermanfaat bagi kalian ya, Maxivers. Jika membutuhkan bantuan lebih lanjut mengenai kebutuhan bahan dan mesin percetakan untuk usaha percetakan, bisa menghubungi call center kami di bawah ini.

Yuk langsung saja kunjungi dan belanja di website kami yaaa !!!