Perkembangan teknologi yang berkembang dengan cepat, salah satu teknologi yang ikut berkembang adalah teknologi mesin cetak atau printer. Sehingga fungsi printer semakin beragam menyesuaikan beragam kebutuhan percetakan.

Teknologi dan alat-alat cetak pun kini semakin canggih dan berkembang pesat. Ada yang fungsinya hanya sebatas untuk mencetak gambar pada kertas, ada juga printer yang digunakan untuk mencetak desain ukiran. 

Meskipun percetakan atau printing  identik dengan dunia pemasaran seperti spanduk, baliho dan sejenisnya, tetapi banyak juga percetakan yang bergerak di bidang lain seperti fotografi, brosur, kalender, dan lainnya. Sudah jelas mesin printing yang digunakan oleh masing-masing percetakan berbeda tergantung dari kebutuhannya. Namun terlepas dari semua itu, penggunaan mesin cetak yang tepat akan sangat berpengaruh pada hasil cetakan yang berkualitas.

Jenis Mesin Cetak / Printer Beserta Fungsinya

Macam-macam mesin cetak dan fungsinya kini hadir dengan sangat beragam, ada beberapa printer yang digunakan oleh percetakan atau tempat print berdasarkan kebutuhannya untuk mengetahuinya lebih dalam simaklah penjelasannya di bawah ini.

1. Mesin Digital Printing

Fungsi Mesin Cetak Printer Digital

Digital Printing atau Printer Digital adalah mesin atau alat percetakan modern yang melibatkan teknik digital sebagai media transfer antara materi ke media percetakan dapat disimpulkan sebagai proses cetak gambar yang sudah didesain menuju ke material atau media fisik. Hampir setiap jasa percetakan di Indonesia sudah menggunakan mesin digital printing dalam setiap proses cetaknya.

Mesin cetak ini termasuk salah satu teknologi terbaru yang memungkinkan proses cetak dilakukan secara otomatis tanpa adanya campur tangan manusia. Hadirnya printer digital ini membuat pamor mesin manual lama-lama menjadi hilang bahkan sudah jarang orang yang menggunakannya.

  • Fungsi Printer Digital

Mesin cetak dengan teknologi canggih ini berfungsi untuk segala jenis kebutuhan. Biasanya digunakan untuk mencetak kalender, foto, brosur, banner dan lain sebagainya.

2. Flexography

Pengertian teknik cetak flexografi adalah teknik cetak tinggi yang proses cetaknya di atas permukaan bahan berbentuk Plat Cylinder diantara Impression Cylinder dan Flexo Plate (Bahan Karet) dengan tinta Water Based. 

Mesin flexography yang sering digunakan untuk mencetak kertas berukuran lebih tebal atau bertekstur agak kasar. Teknik Flexografi juga dikenal dengan kata Flexo, dimana 1 unit mesin flexografi hanya dapat memproses 1 warna saja, sehingga diperlukan penggabungan (Mounting) beberapa unit mesin flexografi untuk menghasilkan warna yang beragam. 

Mesin cetak ini biasanya akan sangat dibutuhkan pada kegiatan produksi di dalam pabrik. 

  • Fungsi Flexography 

Dalam mengemas suatu produk, mesin cetak ini biasa digunakan pada kegiatan industri. Fungsi printer flexography ini cocok untuk mencetak semua jenis media kertas atau bahan lainnya sesuai yang diinginkan. 

3. Mesin Cetak / Printer Offset

Fungsi Printer Offset

Mesin offset hampir sama dengan mesin cetak jenis digital printing. Yang menjadi perbedaan paling utama terletak pada kapasitas cetak di mana mesin offset biasanya mampu bekerja untuk jumlah cetak yang besar.

Dalam teknik cetak offset printing biasanya menggunakan sebuah pemuat image yang rata dimana gambar yang akan dicetak mengambil tinta melalui penggulung kertas, sedangkan area yang tidak dicetak menarik air sehingga permukaannya tidak terkena tinta. Selain itu, harga percetakan dengan menggunakan mesin offset ini terbilang cukup terjangkau daripada jenis mesin lainnya. 

  • Fungsi Mesin Cetak / Printer Offset

Tidak berbeda jauh dengan mesin digital printing, hanya saja terdapat perbedaan pada kapasitas cetak yang dihasilkan. Fungsi printer offset ini biasanya digunakan untuk menghasilkan cetakan dengan kapasitas yang cukup besar.

BACA JUGA : 6 Teknik Jilid Buku Dalam Dunia Percetakan

4. Gravure

Fungsi Printer Gravure

Jika sebelumnya kita telah mengenal berbagai jenis mesin cetak yang sering digunakan banyak orang. Mesin cetak gravure tidak digunakan untuk mencetak material sejenis kertas, para ahli desain interior ruangan biasanya menggunakan mesin ini untuk proses pembuatan ukiran.

Teknik cetak ini melibatkan pengukiran gambar atau desain ke sebuah plat film yang digunakan untuk membawa gambar. Lalu dicetak menggunakan mesin secara rotary atau berputar. Silinder di ukir dengan alat mesin dan cara pembuatan silinder film ini cukup rumit dengan proses yang cukup panjang.

  • Fungsi Mesin Gravure

Mesin cetak ini digunakan untuk proses pembuatan ukiran khususnya pada perlengkapan interior ruangan. Selain itu, mesin ini juga berfungsi untuk menampilkan hasil cetakan agar terlihat lebih tajam.

Dari jenis mesin cetak dan fungsinya yang sudah disebutkan di atas, maka Anda seharusnya sudah mengerti untuk menentukan mesin cetak mana yang akan digunakan sesuai dengan kebutuhan. Pemilihan jenis mesin yang tepat akan menentukan kualitas hasil cetakan. 

Maxipro.co.id juga memberikan kemudahan kamu dengan pelayanan secara online, sehingga kamu bisa menghemat waktu tanpa harus bergerak dari kantor kamu. Dengan mengakses Maxipro.co.id kamu bisa menemukan mesin finishing digital printing dan memesannya secara online.

Yuk Belanja Mesin Finishing Percetakan di Maxipro