3 Tips Marketing Online Simple Paling Top! - Maxipro.co.id
3 Tips Marketing Online Simple Paling Top! - Maxipro.co.id

3 Tips Marketing Online Simple Paling Top! – Maxipro.co.id

Setiap usaha memerlukan pemasaran untuk dapat menawarkan dan menjualkan produknya pada calon pembeli. Banyak cara yang bisa kalian coba, namun belum tentu semuanya cocok dengan kebutuhan serta kondisi perusahaan kalian sehingga kalian perlu menentukan langkah yang tepat.

Di jaman yang serba modern ini, promosi dapat kalian lakukan baik secara online maupun offline. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, sehingga ada baiknya kalian sebagai pemilik usaha mampu melakukan keduanya secara bersama-sama.

Namun tak semua perusahaan mampu melakukan promosi secara online maupun offline secara bersamaan, terutama karena masalah anggaran atau pembiayaan. Apalagi jika perusahaan yang dimiliki baru dirintis atau sedang berkembang.

Maka cukup susah untuk memberikan marketing budget untuk kampanye iklan besar-besaran. Oleh karenanya, Maxivers bisa melakukan beberapa tips marketing online yang sudah terbukti mampu membuat reputasi perusahaan kalian naik. 

Giveaway

Istilah giveaway atau yang juga dikenal dengan GA memiliki pengertian sebagai strategi promosi yang memberikan hadiah kepada pembeli atau publik dengan persyaratan tertentu. 

Hadiah yang diberikan tidak perlu mewah, namun disesuaikan dengan kemampuan perusahaan dan target pasar yang dituju. Meskipun sangat ampuh, cara ini bisa dibilang merupakan strategi tambahan, sehingga tak perlu memaksakan diri jika memang belum mampu. 

Mulailah dengan hadiah yang bernilai kecil dan sederhana, namun pembeli dapat merasa senang saat menerimanya. Karena pada dasarnya, siapa yang tak menyukai hadiah dan bernilai gratis?

Cara ini bisa meningkatkan penjualan dan memperluas reputasi perusahaan di kalangan umum. Secara langsung pembeli akan tertarik dengan barang yang dijual saat acara giveaway berlangsung.

Belum lagi jika persyaratan yang ditentukan oleh perusahaan untuk pembeli mendapatkan hadiah giveaway adalah membeli beberapa barang dalam jumlah tertentu. Kenaikan tingkat penjualan juga bisa saja dibarengi pembeli yang merasa puas dengan pembelian yang dilakukan, selain terlepas dari keinginan untuk mendapatkan giveaway.

Tak hanya dilakukan secara online melalui akun media sosial atau situs perusahaan, giveaway juga bisa dilakukan secara offline seperti untuk pemberian langsung ataupun saat pameran. Pemberian hadiah bisa dibarengi dengan kartu nama perusahaan serta brosur sebagai tambahan media promosi.

Pameran online

`3 Tips Marketing Online Simple Paling Top! - Maxipro.co.id

Di keadaan yang masih awas pandemi ini, kegiatan bertatap muka masih tidak dapat dilakukan dalam skala besar. Salah satu contoh kegiatan besar yang hingga saat ini masih belum dilakukan karena dianggap dalam keadaan riskan adalah pameran produk dan jasa atau yang dikenal juga dengan pameran bisnis.

Padahal, kegiatan pameran sangat bermanfaat untuk bertemu dengan banyak orang serta menjalin hubungan secara luas. Selain itu, dengan menampilkan produk yang ingin dipasarkan akan memberikan gambaran visual pada calon pembeli dan profesional lainnya yang kemungkinan mengunjungi pameran.

Oleh karenanya, sekarang pameran online mulai marak untuk dilakukan. Sebagai perusahaan skala kecil, kalian bisa mengikuti acara ini untuk memperkenalkan produk kalian tanpa membutuhkan biaya banyak terutama untuk mengatur area stan.

Tips pameran virtual ala Maxipro

Adanya pameran online atau virtual ini dapat membantu perusahaan untuk memperkenalkan produknya dalam scope yang luas. Berbeda dengan pameran offline yang hanya bisa dihadiri jika ada di wilayah pameran diadakan, maka pameran virtual bisa dihadiri oleh siapa saja yang mempunyai akses pada situs pameran tersebut.

Berikut adalah tips singkat dari Maxipro untuk mempersiapkan pameran virtual kalian agar dapat meningkatkan brand awareness dan brand recognition perusahaan:

Siapkan foto dan video dengan resolusi besar

Dikarenakan pameran virtual nantinya akan memberikan pengalaman menarik bagi pengunjungnya, maka pastikan gambar dan video yang kalian pergunakan adalah resolusi besar. Hal ini untuk menghindari gambar dan video yang pixelnya bisa saja pecah saat di zoom out atau media diperbesar nantinya.

Berikan testimoni dari pembeli lainnya

Apa yang biasanya menjadi bahan pertimbangan pembeli sebelum membeli produk tertentu selain reputasi yang dimiliki oleh sebuah perusahaan? Testimoni adalah jawabannya.

Testimoni ialah pernyataan berupa kesaksian langsung dan pribadi dari konsumen yang sudah melakukan pembelian atas perasaan dan kesan yang didapatnya atas produk yang dibeli. Tidak hanya mengenai produk, testimoni juga terkadang membahas soal pelayanan yang diberikan serta packaging produk.

Dengan adanya testimoni dari pelanggan lain, bisa membuat perusahaan tampak kredibel dan menumbuhkan rasa percaya pada calon pembeli agar tak ragu lagi untuk melakukan pembelian.

Adakan hadiah undian bagi pengunjung yang beruntung

Hampir mirip seperti giveaway, kalian dapat memberikan hadiah khusus kepada pengunjung yang hadir dalam booth virtual perusahaan kalian. Meskipun bukan benda yang mewah, namun sebagai hadiah kenang-kenangan gratis tentu akan menarik perhatian mayoritas pengunjung.

Dalam bentuk promosi, kalian bisa memberikan hadiah berupa merchandise yang memiliki logo dan nama perusahaan. Jadi ketika pengunjung yang mendapat hadiah memakainya dalam kegiatan sehari-hari, pasti akan langsung teringat dengan perusahaan kalian, Maxivers.

Media sosial perusahaan

Tips ketiga ini justru sebenarnya adalah hal paling dasar yang harus dimiliki oleh sebuah perusahaan yang ingin melakukan marketing online, yakni mempunyai akun media sosial perusahaan yang resmi. 

Dengan adanya media sosial milik perusahaan, kalian dapat berinteraksi secara real time bersama calon pembeli dan pengikut akun. Kalian bisa memberikan informasi produk terbaru dan diskon atau promo yang sedang berlaku.

Pastikan akun berisi informasi yang berkaitan dengan perusahaan tanpa mencampur adukkan dengan urusan personal. Buat akun media sosial agar terlihat profesional namun tak terlalu kaku sehingga interaksi bisa berjalan dengan friendly serta ramah tapi tetap sopan.

Lengkapi promosi online dengan kartu nama

Dalam pemberian giveaway, Maxivers tentu harus mengirimkan hadiah via ekspedisi. Disitu lah kalian bisa menyelipkan kartu nama perusahaan sebagai media promosi visual.

Berhubungan dengan kartu nama, di Maxipro tersedia loh mesin untuk mencetak kartu nama tersebut, yaitu Mesin Potong Kartu Nama A3+ ZMH. Dengan mesin ini, maka kebutuhan pembuatan kartu nama akan lebih mudah di lakukan loh!

Penggunaan mesin yang mudah serta hasil yang dijamin rapi dan presisi, membuatnya menjadi pilihan terbaik bagi kebutuhan usaha percetakan untuk bisa memproduksi kartu nama dengan baik dan maksimal. Ukuran potong kartu nama juga bisa di custom sesuai kebutuhan kalian.

Dibekali dengan sensor mutakhir dan fitur touch screen, tentunya memberikan Maxivers kemudahan untuk mengopersikan mesin ini. Lebih lanjut mengenai Mesin Potong Kartu Nama A3+ ZMH bisa dilihat di halaman ini.

Mesin Potong Kartu Nama A3+ ZMH

Semoga artikel dari Maxipro kali ini bisa bermanfaat bagi kalian ya, Maxivers. Selamat mencoba membuat kartu nama profesional versi kalian sendiri ya!

Yuk langsung saja kunjungi dan belanja di website kami yaaa !!!