Branding adalah sesuatu yang sangat penting, baik baik pelaku usaha mikro, kecil maupun makro. Ketika Saya berbicara dengan beberapa pelaku usaha kebanyakan mereka mengerti akan brand, namun ternyata mereka kebanyakan belum mengerti luas dan maknanya brand. Sehingga tidak jarang didalam implementasi mereka seakan-akan hanya membuat asal jadi dan yang penting ada. Beberapa kegagalan produk di market ternyata salah satunya adalah kesalahan brand. Seperti dijelaskan sebelumnya pada artikel “ Brand adalah wajah perusahaan” (link) , brand adalah identifikasi suatu perusahaan. Brand adalah personality suatu bisnis. Salah mengidentifikasi diri, maka pastinya konsumen juga akan bingung.
Nah bagaimana caranya membuat brand yang tepat sesuai dengan produk ?
Berikut 8 Cara Membuat Brand Image Yang Kuat :
1. Definisikan brand Anda
Lakukan analisa dan review produk ataupun service bisnis Anda dan market pasar . Lakukan sedikit riset bagaimana pasar bereaksi terhadap kebutuhan service atau produk Anda. Karakter brand Anda harus bisa mempromosikan sendiri dan mampu berkoneksi berdasarkan kebutuhan dan diferensiasi produk Anda terhadap market.
2. Saat membuat brand image perlakukan seperti seolah-olah brand adalah pribadi atau personal
Setiap individu personal pasti memiliki karakter, keyakinan, nilai dan tujuan yang menentukan siapa kita dan kepada siapa kita berhubungan. Personaliti kita yang akan menentukan bagaiaman kita bersikap, baju apa yang kita gunakan, bahasa apa yang kita ucapkan. Jadi ketika membuat brand image sangat penting untuk memahami itu semua.
3. Tentukan faktor utama yang mendorong bisnis Anda
Apa tujuan dan keyakinan Anda? Hal-hal tersebut bisa membantu mendefinikan emosi positioning (keutamaan) dan karakter dalam mengkomunikasikan brand.
4. Bikin hubungan koneksi yang long-term relationship dengan konsumen
Buatlah brand yang jujur dan jangan berlebihan memberikan harapan kepada konsumen. Jelaskan perusahaan Anda dan selalu berkomitmen menjalankan nilai-nilai brand setiap hari.
5. Promosikan brand Anda secara konsisten dan berkesinambungan
Hal ini bisa memudahkan mengingatkan , meningkatkan dan menjelaskan karakter kepada konsumen yang sudah aware ( mengetahui) apa yang mereka harapkan dengan menggunakan brand Anda.
6. Jangan mencoba duplikasi atau mencontoh Brand lain
Cobalah untuk membuat karakter brand sendiri. Konsumen lebih menyukai suatu produk yang original dan autentik dan sejalan dengan kenyamanan mereka menggunakannya.
7. Cobalah untuk inovatif dan berani untuk sesuatu yang Anda yakini
Perusahaan besar terkadang dikelilingi banyak aturan dan birokrasi yang menyulitkan mereka untuk lebih fleksibel dan merespon perubahan perilaku konsumen. Tetapi pelaku bisnis mikro dan kecil memungkinkan untuk selalu berinovasi terhadap brand mereka.
8. Selalu promosi brand Anda kepada konsumen
Jangan merasa minder atau merendahkan brand Anda dengan permainan harga, selalu mencoba untuk memberikan lebih daripada memotong harga. Promosi adalah cara terbaik untuk meningkatkan brand Anda.
Itu lah sedikit artikel mengenai bagaimana cara untuk menaikkan suatu brand yang kuat. Jika anda sudah mentok tidak ada ide untuk membangun atau membuat suatu brand perusahaan. Anda dapat mengkonsultasikan kepada jasa konsultan branding yang ada di sekitar anda.
Setelah anda mengetahui bagaimana cara membuat brand yang kuat, sebaiknya anda harus tahu hari – hari apa yang cocok buat promosikan iklan anda. Berikut artikel tentang hari yang tepat buat promosi iklan.