Dapatkan informasi dan promo menarik dari maxipro sekarang juga!

Memulai Bisnis Kotak Hampers dengan Mesin Rigid Box

Hari raya selalu menjadi momen istimewa bagi mereka yang merayakannya. Saling berbagi menjadi sebuah tradisi yang selalu dipertahankan hingga kini. Budaya berkirim hampers pun memiliki arti tersendiri bagi para pelaku usaha. Berbekal cara membuat hampers box, perayaan hari raya bisa menjadi kesempatan untuk menuai banyak cuan.

Jelang hari raya, permintaan hampers dan hard box cenderung mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Meski demikian, tidak semua permintaan dapat dipenuhi. Masih ada ruang tersisa bagi mereka yang ingin ikut menyelami bisnis yang satu ini. Berbekal mesin rigid box, Anda pun bisa turut menikmati manisnya bisnis hampers dan hard box.

Apa Itu Hampers

Istilah hampers memang semakin sering terdengar belakangan ini, terlebih saat mendekati momen-momen istimewa, khususnya menjelang hari raya. Namun sebelum menyelam lebih dalam dan mengurai cara membuat hampers box, ada satu hal mendasar yang perlu dipahami. Apa itu hampers?

Pada dasarnya, hampers memiliki makna serupa dengan parsel. Secara fungsi pun sama. Hampers sendiri bisa diartikan sebagai sebuah bingkisan berisi makanan dan minuman yang dikemas semenarik mungkin untuk kemudian diberikan sebagai hadiah perayaan hari raya.

Agar lebih menarik secara estetika, bingkisan biasanya dikemas dalam keranjang. Penggunaan hard box juga cukup populer mengingat ketahanannya terhadap tekanan atau benturan. Hanya saja, butuh usaha ekstra untuk membuatnya. Pengetahuan akan cara membuat hardbox juga menjadi bekal penting untuk membuat rigid box.

Kelebihan Hard Box sebagai Kotak Hampers

Membuat hard box kini menjadi lebih mudah dengan menggunakan mesin rigid. Di sisi lain, kotak kemasan yang satu ini juga memiliki beberapa kelebihan dibandingkan kotak kemasan biasa. Salah satunya adalah daya tahannya yang tinggi. Di samping itu, masih ada segudang kelebihan lain yang juga dimiliki.

1. Desain Kokoh dan Tahan Benturan

Hard box dibuat dari kertas yang sangat tebal. Bahan inilah yang membuatnya terkesan begitu kokoh, terlebih jika dibuat dengan mesin rigid yang presisi. Daya tahannya pun tinggi dengan usia pakai yang terbilang panjang. Tidak mengherankan, hard box mampu bertahan untuk waktu yang cukup panjang.

2. Memberi Perlindungan Maksimal

Konstruksi hard box yang kokoh membuatnya memiliki perlindungan yang tinggi. Barang di dalamnya jadi lebih aman. Jika digunakan sebagai hampers box, makanan dan minuman yang dikemas di dalamnya jelas lebih terlindungi. Namun tentu saja, teknik dan cara membuat hardbox juga turut mempengaruhi kualitas dari kotak itu sendiri.

3. Menarik secara Estetika

Saat berbicara mengenai cara membuat hampers box, konstruksi kotak hanyalah permulaan. Sentuhan akhirlah yang membuatnya jadi lebih menarik dan sempurna sebagai sebuah kotak bingkisan. Meski demikian, bentuk dasar dari hard box sebenarnya sudah cukup menarik. Dari segi tampilan, hard box juga terkesan elegan.

Cara Membuat Hard Box

Untuk membuat hard box, ada dua cara yang bisa dipilih. Selain menggunakan mesin rigid, ada juga cara manual. Cara membuat hardbox secara manual memang relatif lebih memakan waktu dan tenaga. Meski demikian, cara inilah yang menjadi fondasi pengoperasian mesin rigid.

1. Persiapkan Alat dan Bahan

Ada beberapa peralatan dan bahan yang perlu dipersiapkan sebelum mulai melangkah ke cara membuat hardbox. Siapkan cutter, penggaris metal, pensil atau pulpen dan lem. Untuk bahan-bahannya sendiri, minimal ada 3 bahan yang perlu dipersiapkan. Ketiganya adalah karton tebal (2 mm), kertas pembungkus dan selotip.

2. Tentukan Dimensi Kotak yang Ingin Dibuat

Saat berbicara tentang cara membuat hampers box, Anda harus tahu dimensi kotak yang akan dibuat. Tentukan panjang, lebar dan tinggi kotak. Informasi inilah yang nantinya dibutuhkan untuk melanjutkan ke tahap berikutnya. Meski menggunakan mesin rigid, informasi tersebut juga dibutuhkan.

3. Gambar Layout Kotak

Setelah menentukan dimensi kotak, selanjutnya gambar layout pada bahan dasar kotak, yakni kertas karton 2 mm yang telah dipersiapkan sebelumnya. Gunakan penggaris untuk mengukur dan memastikan garis yang dibuat benar-benar lurus. Saat mengaplikasikan cara membuat hardbox, usahakan semuanya dilakukan secara presisi.

4. Potong Kertas Karton Sesuai Layout

Jika garis-garis layout dibuat dengan presisi, tahapan ini akan terasa lebih mudah. Meski demikian, ada satu hal yang harus menjadi perhatian saat mulai melangkah pada tahapan cara membuat hardbox yang satu ini.

Perhatikan bagian mana saja yang benar-benar harus dipotong dan bagian mana yang cukup digaris dengan ujung punggung pisau cutter. Hal ini dilakukan untuk memudahkan saat menekuk sisi-sisi hard box nanti.

5. Tekuk Kertas Karton Hingga Membentuk Kotak

Setelah dipotong dan diberi penekanan garis, Anda bisa mulai tahap cara membuat hampers box berikutnya, yakni menekuk kertas karton hingga membentuk kotak. Gunakan penggaris besi untuk memudahkan proses ini. Anda juga bisa menggunakan mesin rigid untuk hasil yang lebih presisi dan proses lebih cepat.

6. Rekatkan Sisi-Sisi Hardbox dengan Selotip

Bentuk kasar dari hard box sudah terlihat. Namun sebelum melangkah ke tahap akhir dari rangkaian cara membuat hampers box, jangan lupa rekatkan sisi-sisi kotak dengan selotip.

Saat merekatkan sisi-sisi kotak, Anda tidak harus memasang selotip dari ujung ke ujung. Selama sisi-sisi kotak menempel dengan aman, itu semua sudah cukup.  

7. Beri Lapisan Luar

Setelah sisi-sisi hard box melekat kuat, kini waktunya finishing. Pada langkah terakhir dalam rangkaian cara membuat hampers box ini, Anda bisa mulai memberi lapisan luar agar hard box terlihat lebih estetik.

Lapisi sisi bagian luar hard box dengan kertas pembungkus yang sudah dipotong sesuai pola. Saat mengaplikasikan cara membuat hardbox yang satu ini, jangan lupa beri lapisan lem tipis pada bagian tepi kertas pelapis. Setelah itu, tempelkan kertas tersebut ke permukaan hard box dan rapikan.

Tahapan cara membuat hardbox sebenarnya tidak terlalu panjang. Hanya saja, butuh ketelitian dalam membuatnya agar ukuran kotak tidak banyak meleset. Hal ini tidak hanya berlaku saat melakukan pengukuran. Saat memotong, menekuk dan melapisi lapisan luar kotak, Anda juga harus lebih teliti.

Tentu saja, cara membuat hampers box bisa dibuat jauh lebih sederhana. Dengan adanya mesin rigid, tahapan-tahapan yang rumit dan butuh akurasi bisa ditangani dengan lebih mudah. Pembuatan hard box juga bisa dilakukan lebih cepat.

Jika Anda ingin membuka bisnis kotak kemasan, mesin rigid adalah salah satu mesin yang sebaiknya dimiliki. Mesin ini akan meningkatkan produktivitas kerja lewat optimasi proses produksi dan efisiensi. Namun mengingat posisi mesin rigid sebagai mesin produksi, kualitas mesin harus diperhatikan sebelum memutuskan untuk membeli.

Maxipro.co.id merupakan penyedia mesin rigid box berkualitas. Berbagai jenis mesin finishing juga tersedia di sini. Selain mesin rigid itu sendiri, tersedia juga mesin isolasi boks, mesin lem, mesin press box dan mesin press inner box. Dengan alat yang telah teruji kualitasnya, kapasitas produksi akan meningkat pesat.

Related Posts

Post a Comment

Mesin Percetakan

Harga Mesin Percetakan Terbaik Hanya Di Maxipro, Kegiatan Usaha Percetakan Anda Jadi Lebih Praktis Dan Mudah. Mesin percetakan offset dan mesin digital printing merupakan kategori peralatan usaha percetakan yang paling populer di Indonesia. Hal ini dikarenakan proses pencetakannya yang sangat mudah tanpa adanya jumlah minimal order. Anda bahkan bisa mencetak satu lembar jika diperlukan. Mesin ini digunakan untuk mencetak cetak kartu nama, leaflet, nota, majalah dan berbagai jenis cetakan lain. Dengan fungsinya yang menarik mungkin Anda bertanya-tanya berapa harga mesin percetakan atau mesin digital printing ini? Jawabannya bisa Anda temukan dengan menghubungi CS (Customer Service) kami di website Maxipro. Harga mesin percetakan cukup bervariasi sesuai dengan spesifikasi, ukuran, fitur dan material yang digunakan.

Jenis-Jenis Mesin Percetakan

Mesin percetakan yang berkualitas akan mempengaruhi hasil cetakan Anda. Seperti keakuratan warna yang dihasilkan serta kerapian pada hasil cetakan Anda. Mesin ini hadir untuk memenuhi kebutuhan Anda dalam mencetak dokumen baik dalam jumlah yang sedikit maupun banyak dengan waktu yang relatif singkat. Untuk mendapatkan mesin percetakan ini dan berbagai peralatan usaha lain Anda bisa mengunjungi Maxipro. Maxipro merupakan distributor mesin percetakan surabaya yang terpercaya dan terjamin kualitasnya. Sebagai distributor mesin percetakan surabaya, Maxipro juga menyediakan berbagai mesin dan peralatan usaha seperti Mesin Laminating, Mesin Laminasi, Alat Laminating, Alat Laminasi untuk laminating kertas, Mesin Potong Kertas, Mesin Potong Kartu Nama, Mesin Pemotong Kertas, Alat Potong Kertas, Alat Potong Kartu Nama, Alat Pemotong Kertas, Mesin Jilid Buku, Alat Jilid Buku untuk Jilid Buku, Alat Creasing, Alat Rel, Mesin Rel Kertas, Mesin Rel Kertas.

Maxipro, Lengkap dan Terpercaya

Jika Anda sedang mencari mesin percetakan dan peralatan usaha maka memilih Maxipro merupakan pilihan yang tepat untuk Anda. Maxipro sebagai distributor mesin percetakan surabaya menjual peralatan cetak dari berbagai merek yang di import langsung dari produsen. Semua peralatan cetak yang kami jual sudah terbukti kualitas dan keandalannya. Sebagai Supplier Terpercaya dalam bidang grafika dengan harga murah dan produk yang terbaik. Bila anda pemilik digital printing, percetakan, tempat fotokopi, PT. Maxipro Group Indonesia adalah tempat terbaik untuk anda membeli bahan cetak, alat cetak, mesin fotokopi dan mesin finishing. Terlengkap dan harga murah. Hanya Maxipro Pusat Perlengkapan Percetakan Terlengkap !

Hubungi Kami

Hubungi Kami


    This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

    location

    Surabaya

    Jl. Semut Baru
    Kompleks Pengampon Square C6

    location

    Jakarta

    Jl. Pangeran Jayakarta 44
    Komplek Hotel Orchardz Kav 35