Ukuran dan Fungsi Brosur

Ukuran dan Fungsi Brosur

Dalam dunia marketing dikenal berbagai jenis media promosi seperti spanduk, banner, dan baliho. Yang mana kita sudah familiar dengan perbedaan-perbedaannya. Apalagi media-media promosi tersebut umumnya memiliki ukuran yang cukup besar.

Namun, berbeda dengan brosur, poster, flyer, dan media promosi sejenis lainnya, yang umumnya memiliki ukuran yang lebih kecil. Kadangkala membedakan jenis media promosi kecil tersebut dapat menjadi sedikit membingungkan, karena banyaknya variasi ukuran yang hampir serupa. Namun, terdapat beberapa perbedaan, seperti keberadaan lipatan atau ketiadaannya.

Kali ini, kita akan membahas fungsi brosur beserta ukuran-ukuran brosur yang sering digunakan, yang mungkin belum kita ketahui. Simak penjelasan berikut ini.

Fungsi Brosur

Membagikan brosur

Brosur memiliki beragam fungsi, meskipun umumnya kita hanya menganggapnya sebagai media promosi. Namun, sebenarnya brosur memiliki peran yang lebih luas. Berikut ini penjelasan mengenai fungsi-fungsi brosur:

1. Fungsi Brosur sebagai Iklan

Brosur sering dianggap hanya sebagai media untuk mempromosikan produk atau layanan. Pendapat ini umum dan banyak dipercaya oleh masyarakat. Saat brosur digunakan sebagai iklan, visual yang menarik dapat menarik perhatian konsumen.

Selain itu, fungsi brosur sebagai iklan juga dapat digunakan untuk menawarkan lebih dari satu produk atau jasa dalam satu brosur. Sehingga dapat memberikan variasi pilihan kepada konsumen.

2. Fungsi Brosur sebagai Sumber Informasi

Meskipun fungsi utama brosur adalah sebagai media iklan atau promosi, brosur juga dapat digunakan sebagai sumber informasi bagi pelanggan yang berhubungan dengan perusahaan yang tercantum di dalamnya.

Beberapa informasi yang biasanya terdapat dalam brosur antara lain:

  • Presentasi perusahaan
  • Produk atau layanan baru yang ditawarkan perusahaan
  • Perubahan terkini dalam perusahaan, seperti perubahan nama

3. Fungsi Brosur sebagai Identifikasi

Fungsi brosur sebagai media identifikasi dapat digunakan untuk menciptakan konsistensi desain pada brosur yang dibuat. Identifikasi ini juga dapat menjadi representasi perusahaan dengan adanya bentuk dan desain logo perusahaan yang unik.

Oleh karena itu, logo perusahaan harus kuat dalam hal bentuk dan warna, agar dapat dengan baik disesuaikan dengan desain brosur yang akan dibuat.

Macam-macam Ukuran Brosur

Seperti yang telah diketahui, brosur memiliki berbagai ukuran, terutama ketika brosur dapat dilipat menjadi ukuran tertentu. Terdapat ukuran khusus yang dikenal, seperti dilipat menjadi 2, 3, atau bahkan ada yang tidak memerlukan lipatan.

Berikut ini adalah ukuran-ukuran yang umum digunakan oleh masyarakat pada umumnya. Namun, perlu diperhatikan bahwa ukuran yang disebutkan di bawah ini tidak harus menjadi patokan atau acuan mutlak dalam pembuatan brosur.

A. Ukuran Brosur A3

Ukuran kertas brosur pertama adalah A3, yang setara dengan 29,7 × 42 cm. Ukuran ini jarang digunakan secara umum.

Hal ini mungkin disebabkan oleh ukurannya yang terlalu besar, dan banyak orang menganggapnya lebih cocok untuk poster. Selain itu, ukuran A3 sulit untuk dibawa-bawa dan sulit dibaca ketika ingin langsung diberikan kepada pelanggan.

Dalam aplikasinya brosur A3 dapat dibagi menjadi 2 penggunaan, yaitu:

  1. Lipat 2: Agar mudah dibaca, umumnya brosur berukuran A3 dilipat 2, sehingga setara dengan A4.
  2. Lipat Silang/Quarter: Dengan brosur A3 lipat 4, Anda akan mendapatkan ukuran sangat pas dan mudah untuk dibagikan. Serta juga tidak merepotkan pelanggan.

B. Ukuran Brosur A4

Selanjutnya, terdapat brosur berukuran A4 yang setara dengan 21 × 29,7 cm. Ukuran ini merupakan ukuran yang umum digunakan oleh masyarakat dalam pembuatan brosur.

Ukuran brosur A4 dianggap relatif pas karena tidak terlalu besar maupun terlalu kecil. Dengan begitu, brosur A4 sangat cocok digunakan dalam pembuatan brosur. Ukuran ini memiliki beberapa cara penggunaan, antara lain:

  1. Tanpa Lipat: Seperti namanya, ukuran ini biasanya digunakan tanpa dilipat. Namun, brosur ini bisa dicetak pada satu sisi atau dua sisi.
  2. Lipat 2 (A5): Dengan ukuran ini, brosur dapat dilipat menjadi dua bagian, setara dengan ukuran A5. Dengan dilipat menjadi dua, brosur akan memiliki 4 halaman. Hal ini memungkinkan pembuatan brosur dengan tampilan minimalis yang menarik perhatian pelanggan.
  3. Lipat 3 (9,9 × 21 cm): Brosur berukuran A4 dapat dilipat menjadi tiga bagian, yang sering digunakan di Indonesia. Dengan lebih banyak halaman dan ukuran yang lebih kecil, brosur yang dilipat tiga ini tampak menarik dan sudah banyak digunakan.

C. Ukuran Brosur A5

Brosur A5 Lipat Dua

Brosur berukuran A5, setara dengan 14,85 × 21 cm, sangat populer di pasaran dan dalam dunia percetakan. Ukuran yang minimalis memudahkan Anda dalam menyebarkannya kepada masyarakat tanpa merepotkan pelanggan. Brosur berukuran A5 juga dapat dibagi menjadi dua cara, yaitu:

  1. Tanpa Lipat: Anda dapat menggunakan brosur berukuran A5 tanpa perlu melipatnya. Bahkan, Anda dapat mencetaknya pada kedua sisi atau hanya satu sisi saja.
  2. Lipat 2 (9,9 × 21 cm): Brosur berukuran A5 juga dapat dilipat menjadi dua bagian. Brosur A5 yang dilipat dua ini dapat dicetak pada kedua sisi dan memberikan tampilan yang menarik. Ukuran brosur A5 lipat dua dan A4 lipat tiga adalah pilihan umum dalam mencetak brosur.

D. Ukuran Brosur ⅓ A4

Ukuran Brosur 1/3 A4

Ukuran ini merupakan sepertiga dari ukuran brosur A4 dan berbeda dengan ukuran A4 lipat tiga sebelumnya. Brosur berukuran ⅓ A4 setara dengan 21 × 9,9 cm tanpa adanya lipatan. Ukuran ini juga dapat digunakan baik pada salah satu sisi atau kedua sisinya.

Demikianlah penjelasan mengenai ukuran brosur dan fungsi brosur yang perlu diketahui. Jika masih ada kebingungan atau pertanyaan lebih lanjut, Anda dapat mengunjungi blog Maxipro yang menyediakan artikel-artikel bermanfaat. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda.

Mesin Lipat Brosur Presisi Profesional untuk Membantu Anda Mencapai Hasil Terbaik!

Kesempurnaan dalam Setiap Lipatan! Tidak perlu lagi menghabiskan waktu dan tenaga untuk melipat brosur secara manual. Maxipro hadir dengan solusi terbaik, Mesin Lipat Kertas Telson 384SA, untuk membantu Anda mencapai efisiensi dan kualitas yang tak tertandingi dalam pembuatan brosur.

Dengan Mesin Lipat Kertas Telson 384SA dari Maxipro, Anda akan merasakan kemudahan dan kecepatan dalam proses lipatan. Tidak hanya itu, hasilnya pun akan presisi, seragam, dan tampak profesional. Dengan dimensi kertas yang fleksibel dan kemampuan melipat hingga 4 lipatan menggunakan 4 plate, Anda dapat menciptakan brosur dengan berbagai tampilan kreatif.

Tak hanya efisien, Mesin Lipat Kertas Telson 384SA juga menawarkan keandalan dan daya tahan tinggi. Dengan fitur-fitur canggih seperti sistem input otomatis dengan teknologi suction, Anda dapat dengan mudah melipat kertas dengan ketebalan 50-175 gsm. Kecepatan hingga 22.000 lembar per jam akan membantu meningkatkan produktivitas Anda.

Dalam dunia percetakan yang kompetitif, investasi dalam Mesin Lipat Kertas Telson 384SA adalah keputusan yang cerdas untuk mengoptimalkan bisnis Anda. Segera miliki mesin ini dari Maxipro, penyedia terpercaya alat percetakan berkualitas dengan harga terjangkau.

Jangan biarkan peluang terlewatkan! Dapatkan Mesin Lipat Kertas Telson 384SA sekarang juga dan raih keunggulan kompetitif dalam pembuatan brosur Anda. Hubungi Maxipro sekarang untuk mendapatkan penawaran terbaik dan mulailah menikmati kemudahan serta hasil yang mengesankan dalam setiap lipatan!

Temukan Berbagai Mesin Lipat Kertas Terbaik Hanya di Maxipro