Teknik Dan Alat Porporasi Pada Nota - Maxipro.co.id

Teknik Dan Alat Porporasi Pada Nota - Maxipro.co.id

Apakah kalian mengenal porforasi? Untuk orang yang sudah mengenal dunia percetakan tentu tidak asing dengan yang namanya porforasi, jika kalian orang awam mungkin artikel ini cocok untuk kalian agar lebih mengerti tentang porforasi.

Nah coba perhatikan pada sebuah nota, kwitansi atau karcis biasanya bagian atas terdapat garis putus-putus atau berlubang-lubang. Melubangi nota dalam hal ini dapat mempermudah saat nota dirobek.

Sebenarnya ada beberapa teknik membuat kwitansi dan karcis tanpa melubangi yaitu dengan mesin porforasi. Maxipro akan ulas teknik apa saja yang akan digunakan dalam membuat porforasi pada kwitansi, ada beberapa alat baik manual maupun menggunakan mesin.

Tentu dalam sebuah percetakan menggunakan cara manual sangat tidak dianjurkan, karena akan memakan waktu yang lama. Dalam hal melubangi nota atau membuat garis pemotong sobekan nota pun disarankan agar menggunakan mesin perforasi karena pembuatannya banyak bukan lagi menggunakan manual seperti cutter.

Sebelum mem perforasi kertas nota terlebih dahulu kalian mencetak desain nota nya. Untuk membuat nota kalian bisa membaca Membuat Nota Penjualan Sendiri dengan Kertas NCR, setelah kalian membuat nota berilah jarak beberapa cm agar nantinya nota bisa dapat dengan mudah dibuat porforasi dan memiliki jarak penyobekan kertasnya.

Saat ini bisnis percetakan tidak hanya dimiliki oleh pengusaha yang memiliki mesin – mesin besar, tapi pelaku industri rumahan juga bisa melakukan hal yang sama seperti membuat nota untuk kepentingan sendiri maupun dijual hanya dengan modal printer. Apabila kita bandingkan hasilnya akan berbeda dengan hasil cetakan menggunakan mesin offset.

Alat Membuat Sobekan Nota atau Porporasi

Seperti yang sudah Maxipro jelaskan diatas, kali ini Maxipro akan mengulas teknik dan alat yang digunakan membuat perforasi pada kwitansi. Dibawah ini ada beberapa alat yang bisa digunakan sebagai pembantu melubangi nota agar mudah disobek.

Baca juga: Creasing dan Scoring Menghindari Keretakan Pada Lipatan

a. Roller Porporasi Over Needle

Alat Roller Porporasi

Alat ini sebenarnya hanya sebuah roller tangan, hanya bisa memotong beberapa lembar kertas saja. Karena cara penggunaan alat ini didorong secara manual maka tekanan yang dihasilkan tidaklah terlalu besar untuk merobek kertas dengan ketebalan yang melebihi maksimum. Untuk pemula atau pemotong garis-garis nota untuk kepentingan pribadi, alat roller ini bisa menjadi rekomendasi kalian.

b. Alat Porporasi Manual

Alat perforasi injak manual ini sama dengan pisau perforasi, hanya saja lebih rapi dan pengerjaannya mudah. Hanya dengan memasukkan beberapa lembar yang akan diporforasi dan menekan handle-nya maka secara otomatis kertas akan dijepit oleh pisau perforasi. Biasanya alat ini dijumpai di kelas percetakan menengah dan percetakan besar.

c. Rotary Cutter Perforation

Rotary Cutter Perforation

Rotary cutter perforation biasanya hanya digunakan untuk kalangan percetakan rumahan atau bisnis skala menengah kebawah yang belum memiliki banyak orderan. Teknik menggunakan rotary cutter perforation ini dengan cara menusuk-nusuk garis porforasi yang akan dibuat. Tujuan hal ini agar dapat membuat sobekan nantinya, dalam proses penusukan haruslah dengan hati-hati gunakan alas berupa karpet atau kayu.

d. Mesin Jahit

mesin jahit porporasi kertas

Alat mesin jahit biasa digunakan untuk kalangan bisnis percetakan menengah atau pemula. Teknik mesin jahit ini lebih cepat dibanding cutter, tentu meskipun menggunakan mesin jahit harus tetap hati-hati. Fokus pada saat pengerjaan karena bisa saja jarum patah atau kertas menjadi kusut, sehingga atur ketebalan saat proses pelubangan kertas ini di dalam mesin jahit.

e. Mesin Porporasi Otomatis

Mesin perforasi otomatis ini sudah dijalankan oleh mesin jadi tidak perlu lagi mengeluarkan tenaga besar untuk melakukannya. Semua sudah dijalankan menggunakan tenaga mesin yang akan memotong garis – garis pada kwitansi. Mesin porforasi ini digunakan oleh percetakan kelas besar yang sudah memiliki banyak permintaan cetak nota, karena harganya pun cukup lumayan mahal.

f. Pisau Porporasi

pisau porporasi

Pisau perforasi ini bentuknya menyerupai gergaji namun memiliki sudut-sudut yang persegi empat untuk merobek kertasnya. Penggunaannya juga sangat mudah, hanya butuh penekanan agar alat ini bisa menembus kertas yang dilubangi. Jika dibandingkan dengan mesin jahit dan cutter, pisau porforasi ini hasilnya lebih rapi dan juga bagus.

Dari penjelasan diatas kalian pasti sudah memahami teknik dan alat yang digunakan membuat nota atau karcis, tentu ini akan memudahkan kalian dalam memulai bisnis dan usaha. Jadi mulailah dari hal dasar percetakan dahulu sebelum merambah ke yang lebih besar. Untuk mencari mesin percetakan kalian bisa kunjungi Maxipro.co.id.

Cara Memilih Mesin Porporasi!! Agar Tak Salah Pilih

Dapatkan mesin finishing percetakan berkualitas dan bergaransi hanya di Maxipro! Sebagai distributor tangan pertama dari pabrik dengan pengalaman lebih dari 15 tahun. Dapatkan promo menarik dengan gratis biaya pengiriman, instalasi, training, dan service selama 1 tahun.

Yuk langsung saja kunjungi dan belanja di website kami yaaa !!!

Maxipro.co.id - Supplier Mesin Finishing Percetakan