Tipe Genset Untuk Mesin Cetak & Bisnis Percetakan

Genset-turbo-tipe-genset-untuk-mesin-cetak

Apakah kalian memiliki genset? Bagi pemilik mesin percetakan pasokan listrik yang lancar menjadi kebutuhan yang penting di bidang usaha percetakan. Dengan aliran listrik yang terjamin, mesin dapat berproduksi untuk menyelesaikan pesanan konsumen. Oleh karena itu keberadaan genset begitu penting. Kira-kira genset seperti apa yang sebaiknya kalian miliki? 

Sebelum membeli tipe genset untuk percetakan kalian, ketahui dulu kebutuhan daya listrik kalian. Secara umum skala usaha percetakan di indonesia bisa dibedakan menjadi 3 yaitu:

  1. Percetakan Kecil

Percetakan kecil yaitu umumnya berskala rumahan. Oleh karena itu, modal dan skala produksinya pun terbatas. Daya listrik yang diperlukan pun terbatas. Dengan begitu, menggunakan genset berkapasitas kecil cukup memadai untuk menunjang kelancaran produksi. 

2. Percetakan Menengah

Percetakan jenis ini sudah memiliki beberapa mesin dengan skala produksi yang jauh lebih besar dibandingkan percetakan kecil. Oleh karena itu, daya listrik yang diperlukannya pun lebih besar

3. Percetakan Besar

Percetakan besar sudah pasti berskala perusahaan. Kapasitasnya yang begitu besar dengan didukung mesin-mesin cetak yang canggih. Percetakan ini membutuhkan daya listrik yang super besar dan karena itu juga perlu memiliki genset yang berdaya tinggi

Dalam pemilihan genset perlu diketahui setidaknya daya listrik genset adalah 30 persen lebih besar dari daya yang dibutuhkan. Tujuannya sebagai antisipasi jika terjadi kebutuhan peningkatan daya. 

Nah, kalian telah mengetahui berapa daya listrik pada percetakan kalian, barulah kalian memilih genset yang sesuai. Berikut ini rekomendasi Maxipro untuk tipe genset yang tepat bagi percetakan. 

Jenis Dan Tipe Genset:

  • Genset Portable

Bagi usaha kecil dapat memilih genset portable. Kebutuhan daya untuk percetakan kecil masih dapat dipenuhi dengan genset tipe ini. Genset portable ini memiliki daya bermacam-macam. Ada genset dengan daya 8500 watt hingga 10.000 watt. kalian dapat menyesuaikan sesuai kebutuhan.

  • Genset Skala Menengah

Jika kebutuhan daya percetakan lebih besar lagi, kalian dapat mencari genset dengan kapasitas yang lebih tinggi. Pilihannya bisa berupa genset standby atau portable, yang terpenting kebutuhan listrik dapat dipenuhi oleh genset tersebut. Biasanya, genset yang dibutuhkan pada percetakan skala menengah adalah yang memiliki daya lebih dari 10.000 watt. 

  • Genset Skala Besar

Percetakan besar tentu membutuhkan genset dengan kapasitas tinggi. Genset ini menggunakan mesin diesel dan memiliki kapasitas dari 60 kVA hingga 2.000 kVA. Tentu tidak hanya memperhatikan soal kapasitas, tapi juga perlu menelisik lebih jauh spesifikasi lain dari genset ini. 

Untuk kenyamanan dalam tempat kerja, sebaiknya pilih genset silent. Dengan demikian, suara yang dikeluarkannya akan lebih lembut. Umumnya genset berbahan bakar minyak. Namun jika misalnya memungkinkan, kalian juga dapat mencoba jenis genset bertenaga lainnya, seperti: 

a. Genset Turbin

Genset ini menggunakan penggerak turbin yang mengambil sumber tenaga dari alam. Sumber penggerak turbin tersebut bisa berupa air, angin maupun uap.  

b. Genset Tenaga Surya

Genset tenaga surya tentu memanfaatkan tenaga matahari sebagai sumber energi yang kemudian disalurkan melalui genset. Genset ini masih relatif jarang, namun bukan tidak mungkin nantinya akan menjadi salah satu pilihan yang menarik.  

c. Genset Berbahan Gas

Sesuai namannya, genset ini menggunakan gas sebagai sumber energi. Genset ini sudah cukup banyak di pasaran dan bisa menjadi pilihan yang patut dipertimbangkan. 

Banyak pilihan mengenai jenis genset yang tepat. Intinya adalah kalian harus menyesuaikan dengan:

  • Skala bisnis percetakan kalian
  • Kebutuhan daya listrik saat ini dan proyeksi mendatang
  • Genset yang sesuai kebutuhan
  • Anggaran kalian untuk berinvestasi dalam pembelian genset

Tak hanya empat poin itu, kalian juga perlu mempertimbangkan kemudahan cara pengoperasian serta ketersediaan service center maupun sparepartnya. Ketika nantinya ada masalah maupun butuh penggantian komponen, kalian akan dengan mudah mendapatkannya. Perhatikan juga mengenai garansi saat pembelian genset.  

Itulah tadi panduan dalam memilih tipe genset yang tepat untuk usaha mesin percetakan kalian. Jika kalian mencari mesin percetakan dengan daya listrik rendah kunjungi Maxipro.co.id.

Baca juga:

Mengenal Mesin Jilid Buku Lem Panas (GLUE BINDING)

Proses Finishing Yang Sering Digunakan Dalam Percetakan

5 Tips Merawat Pisau Mesin Potong Kertas

×