Hadiah Wisuda Handmade Unik, Aesthetic dan Low Budget - Maxipro.co.id

Hadiah Wisuda Handmade Unik, Aesthetic dan Low Budget - Maxipro.co.id

Wisuda merupakan salah satu momen yang membahagiakan bagi semua mahasiswa. Benda yang diberikan bisa dalam berbagai bentuk, termasuk hadiah wisuda handmade unik yang tentunya akan berkesan bagi penerimanya.

Hadiah yang diberikan adalah wujud penghargaan yang bisa kalian berikan kepada seseorang atas kerja keras dan usahanya setelah berjuang mengerjakan skripsi untuk menyelesaikan pendidikannya. Acara wisuda yang dihadiri wisudawan tersebut jelas akan lebih berkesan dengan hadiah yang dibuat sendiri.

Hadiah wisuda handmade unik dapat berupa beberapa benda seperti scrapbook berisi foto kenangan, hand lettering, memory jar, snack box atau bucket dan hampers.

1. Scrapbook Kenangan Momen-momen Spesial

Hadiah Scrapbook Handmade Unik

Scrapbook adalah suatu metode membuat sebuah buku kenangan dengan cara menempelkan foto, potongan kertas seni dan hiasan lainnya secara kreatif. Tak hanya berisi gambar, scrapbook biasanya mempunyai tulisan berupa entri jurnal yang berguna untuk mengabadikan cerita mengenai momen yang spesial.

Meskipun dengan kemajuan zaman yang serba digital, tapi posisi scrapbook tetap memiliki ruang tersendiri. Kalian bisa mencetak foto dengan cara lama sehingga terkesan vintage. Tuliskan juga kata-kata motivasi atau romantis yang bisa menghangatkan hati penerimanya.

Dibuat secara handmade, scrapbook kenangan mampu mencatat semua hal penting bagi si penerima dan pemberi melalui foto dan tulisan. Namun karena terbuat dari kertas, maka harus berhati-hati dalam menyimpannya agar tak mudah rusak. Hadiah ini pun sangat cocok bagi pria dan wanita karena konsepnya universal dan bisa dibuat sesuai dengan keinginan.

Kalian juga dapat berkreasi dengan menambahkan guyonan lucu yang hanya bisa dipahami oleh penerima dan pemberi scrapbook, sehingga akan lebih menarik saat dibaca nantinya.

2. Memory Jar untuk Menyimpan Kenangan

Memory Jar, Hadiah Wisuda Handmade yang Unik

Merupakan sebuah toples yang berisi dengan kertas bertuliskan kenangan-kenangan yang mengesankan bagi penerimanya, memory jar adalah salah satu hadiah wisuda handmade unik yang bisa kalian berikan. Selama menempuh pendidikan kuliah, pasti ada begitu banyak momen yang mengesankan sehingga patut untuk dikenang.

Selain mudah untuk pembuatannya, bahan dan alat untuk membuat memory jar juga tersedia di sekitar kalian. Berikut ini adalah alat dan bahan beserta cara membuat memory jar.

Alat :

  • Stoples;
  • Gunting;
  • Double tape, dan;
  • Spidol warna serta bolpoin.

Bahan :

  • Kertas origami;
  • Pita, serta;
  • Hiasan lainnya seperti pasir warna, pernak-pernik, dan sebagainya.

Cara membuat :

  • Siapkan stoples yang akan diisi. Namun tak perlu baru, kalian juga bisa menggunakan stoples bekas tak terpakai yang masih bagus.
  • Hias stoples sesuai selera. Kalian bisa menghias leher toples dengan melilitkan pita di sana. 
  • Untuk bagian dalamnya, masukkan pasir warna warni untuk mempercantik tampilan dari luar stoples yang bening maupun berwarna. 
  • Sedangkan untuk bagian luar, berilah hiasan dengan pernak pernik atau kertas origami yang sudah dipotong menjadi bentuk yang lucu. Atau juga bisa membuat gambar dengan spidol warna pada kertas origami.
  • Gunting kertas origami sesuai selera. Sebagai contoh, kalian bisa memotongnya dengan ukuran 10 x 10 cm.
  • Tuliskan momen menarik yang mengesankan bagi penerima memory jar menggunakan bolpoin atau spidol warna. Kalian juga dapat meminta bantuan teman-teman yang lain untuk ikut berpartisipasi.
  • Setelah selesai, tutuplah stoples dengan rapat. 

Tidak hanya kertas origami yang berisi tulisan, kalian juga bisa menambahkan foto-foto kenangan di dalam stoples agar lebih berkesan bagi penerimanya.

3. Hand Lettering, Hadiah Wisuda yang Dekoratif

Hadiah Unik, Hand Lettering Handmade untuk Wisuda

Istilah hand lettering adalah sebuah seni untuk menulis huruf dengan menambahkan gambar pada desainnya, namun huruf tetap menjadi obyek utama dan bukan gambarnya. Penulisan hand lettering biasanya berupa beberapa kata dalam satu kalimat, sehingga tetap terlihat menarik dan memiliki arti.

Tak semua orang dapat membuat hand lettering, namun untuk sekedar hadiah wisuda handmade unik, pemberian hand lettering kepada wisudawan akan menjadi hadiah yang mengesankan. Dengan menulis sendiri, penerima akan merasa tersentuh atas kerja keras yang kalian berikan.

Alat :

  • Frame atau pigura;
  • Pensil;
  • Cat air;
  • Penggaris, dan;
  • Pena. Namun untuk pemilihan pena, terbagi lagi menjadi 3 macam yakni pensil dan pena biasa (untuk pemula atau beginner), pigma microns dan prismacolor premiers (untuk tingkat menengah atau intermediate) serta expert dip pens yang membutuhkan perawatan ekstra (khusus digunakan oleh profesional atau expert).

Bahan Kertas :

  • Plain printer paper (untuk tahapan awal yang menampung ide dasar);
  • Bristol board (untuk membingkai (framing) karena lebih tebal dibanding kertas sebelumnya), dan;
  • Grid paper (untuk proses finishing).

Bahan lainnya sebagai hiasan :

  • Pita;
  • Plastik untuk cover;
  • Kertas warna, dan sebagainya.

Cara membuat :

  • Potong kertas sesuai ukuran pigura. Kalian bisa mengikuti ukuran standar yakni A4.
  • Buat pola tulisan dengan pensil. Karena bersifat ide awal, maka pensil adalah pilihan yang tepat karena mudah untuk dihapus dan ditulis ulang.
  • Tebali tulisan yang sudah dianggap pas menggunakan cat air atau pena khusus.
  • Tulisan yang sudah jadi bisa langsung dipasangkan pada pigura yang telah dipersiapkan.
  • Beri hiasan pada kertas tulisan. Misalkan pita dan kertas warna. Bentuk sesuai keinginan, seperti bentuk bunga atau daun.
  • Rapikan hiasan dan kertas agar tampilannya lebih estetika. Kalian bisa juga memberikan pelindung seperti kertas plastik pada permukaan atas supaya tulisan dan hiasan tak mudah rusak.

4. Hadiah Pop Up Frame Unik yang Berkesan

Pop Up Frame Wisuda

Pop up frame adalah sebuah kerajinan yang terbuat dari foto namun disusun dalam bentuk yang timbul atau 3D (3 dimensi) pada sebuah bingkai atau frame. Tidak seperti tampilan foto biasa yang hanya berupa selembar kertas foto, pop up frame memberikan tampilan visual yang menarik karena foto seolah hidup dan memiliki bentuk yang ‘nyata’ saat disentuh.

Merupakan suatu karya yang sulit, memang membuat pop up frame tidak lah mudah. Namun kalian bisa membuatnya dengan perlahan untuk sebuah karya pop up frame yang sederhana. Penerima pop up frame nanti pasti akan sangat terkesan karena pembuatannya secara handmade jelas membutuhkan dedikasi yang tinggi.

5. Mengemas Hadiah dalam Kotak Hampers

Hadiah Hampers Lucu untuk Wisudawan

Berbeda dengan hadiah wisuda handmade unik lainnya yang bisa dibuat sendiri secara keseluruhan, untuk pemberian hampers mungkin lebih mengacu pada boks yang menjadi wadah hadiah. Kalian bisa membuat hampers sendiri dengan bahan-bahan yang tersedia di sekitar seperti karton dan kardus bekas yang masih bagus.

Sementara untuk isinya, kalian bisa memberikan berbagai macam benda. Seperti skin care, baju, snack, makanan ringan, gelas, dan lain-lain. Sesuaikan boks hampers dengan isinya agar tampilannya lebih menarik, misalnya menyamakan warna boks dan hadiah di dalamnya.

Membuat Boks Hampers Hadiah Wisuda Dengan Mesin Lem GM700 Plus

Membuat boks hampers hadiah wisuda dapat dengan mudah kalian lakukan dengan bantuan Mesin Lem GM700 Plus. Selain hasilnya akan tampak rapi dan bagus, mesin ini juga cocok untuk digunakan pada keperluan produksi jumlah besar untuk pengerjaan yang efektif dan efisien.

Mesin Lem GM700 Plus memiliki keunggulan berupa bisa menggunakan lem panas maupun lem dingin. Jelas akan menguntungkan karena tak semua mesin memiliki kemampuan seperti ini.

Adanya speed control juga memudahkan Maxivers untuk mengatur kecepatan yang diinginkan. Selain itu, Mesin Lem GM700 Plus juga memiliki sistem pemanas yang akan mempercepat proses pencairan lem panas. Untuk informasi lainnya mengenai Mesin Lem GM700 Plus dapat kalian dapatkan dengan mengunjungi halaman berikut ini ya.

Mesin Lem GM700 Plus

Semoga artikel dari Maxipro kali ini bisa bermanfaat bagi kalian ya, Maxivers. Jika membutuhkan bantuan lebih lanjut mengenai kebutuhan bahan dan mesin percetakan untuk usaha percetakan, bisa menghubungi call center kami di bawah ini.

Yuk langsung saja kunjungi dan belanja di website kami yaaa !!!

Jenis Cutting Sticker Yang Wajib Kalian Tahu! - Maxipro.co.id