Die Cut VS Kiss Cut Sticker - Maxipro

Die Cut VS Kiss Cut Sticker - Maxipro

Stiker adalah suatu label berupa selembar kertas cetak yang terbuat dari bahan plastik, vinyl, atau bahan lainnya dengan perekat atau adhesive di satu sisinya sehingga bisa menempel pada media yang diinginkan. Stiker biasanya digunakan untuk berbagai hal seperti stiker dinding (wall sticker), stiker mainan, stiker mobil dan lain-lain. Selain itu, media yang digunakan untuk menempel stiker juga beragam, contohnya seperti dinding, kain, kayu, kaca, dan sebagainya.

Dalam kegiatan pemasaran suatu produk, stiker dapat digunakan sebagai media promosi atas produk tersebut. Stiker juga bisa menjadi identitas sebuah produk yang sekaligus pembeda dengan para pesaingnya di pasaran. Bentuk stiker bisa disesuaikan, misalnya logo perusahaan, gambar produk yang dijual atau hanya berupa tulisan saja.

Harga yang ekonomis serta desain yang bisa dibentuk sesuai dengan keinginan menjadikan stiker sebagai salah satu peluang bisnis yang menjanjikan, selain hanya dianggap sekedar media promosi biasa. Setelah menentukan bentuk dan desain stiker yang diinginkan serta material yang akan dipilih, maka kalian bisa memilih teknik pemotongan stiker yang tepat.

Cara memotong kertas atau cutting pada stiker terbagi menjadi 2, yaitu die cut dan kiss cut. Tahukah kalian tentang perbedaan antara die cut dan kiss cut?

Die Cut VS Kiss Cut Sticker - Maxipro

Keduanya tampak serupa, namun sebenarnya tidaklah sama. Pada dasarnya, pemotongan stiker die cut dan kiss cut dapat mencetak stiker dengan hasil yang sama, namun proses pemotongan yang berbeda.

Di bawah ini, kami akan mengulas keduanya secara lebih detail loh!

Stiker Die Cut

Die Cut VS Kiss Cut Sticker - Maxipro

Stiker die cut atau yang disebut full cut stiker ini adalah stiker yang dipotong dengan bentuk khusus untuk menyesuaikan desain yang sudah dibuat. Dengan begitu, untuk melepaskan stiker dari kertas bagian belakangnya akan mudah karena sudah sesuai dengan desain stiker itu sendiri. Stiker ini juga dikenal sebagai stiker custom shaped karena bentuknya mengikuti desain yang ada.

Desain yang sudah dicetak pada lembaran kertas berperekat kemudian dipotong menggunakan pisau khusus. Stiker die cut memiliki 3 lapisan yaitu ada lapisan pelindung seperti plastik, kemudian lapisan gambar atau vinyl dan terakhir ada lapisan yang disebut dengan backing paper.

Untuk proses pemotongan stiker die cut, diperlukan sebuah alat khusus dibuat dari bahan kayu dan besi yang biasa disebut “die tool”. Alat tersebut telah dirancang dengan tata letak atau layout yang sama dengan lembar stiker yang sudah dicetak. Proses dilakukan dengan sangat hati-hati dan presisi agar stiker terpotong dengan tepat.

Lapisan karet perlu ditambahkan pada permukaan stiker sehingga stiker tidak tersangkut pada alat saat proses pemotongan. Lem dioleskan pada lapisan dalam sementara lapisan karet tebal digunakan untuk menekan stiker pada cetakan. Pengecekan terakhir perlu dilakukan untuk memastikan lembar stiker dan cetakan ada pada posisi yang sesuai.

Stiker die cut terbuat dari bahan vinyl yang biasanya cocok digunakan untuk segala kegunaan. Stiker ini sangat multifungsi karena bisa ditempel di dinding, mobil, motor, helm, meja, komputer, dan lain-lain.

Cara Mengaplikasikan Stiker Die Cut :

  1. Ambilah cutting stiker die cut yang telah dipotong.
  2. Lepaslah backing paper pada stiker die cut.
  3. Tempelkan stiker die cut dimana lapisan kedua diletakkan diatasnya media (meja, kaca, dinding, dan lain-lain). Pastikan media yang akan ditempeli stiker bersih, agar stiker lebih mudah untuk direkatkan.
  4. Saat ditempel atau diletakkan di atas media, masih ada lapisan pertama yaitu plastik. Gosoklah plastik tersebut menggunakan kartu ATM atau sejenisnya dan gosok secara merata agar gambarnya bisa menempel sempurna.
  5. Setelah lapisan pertama di gosok, maka ambilah plastik pada lapisan pertama dan gambar sudah berhasil menempel dengan sempurna.

Kelebihan Stiker Die Cut:

  1. Biaya pembuatan stiker die cut biasanya lebih murah karena untuk pemotongannya sudah sesuai desain per stiker.
  2. Bagian ujung dari lapisan belakang atau backing paper adalah ujung dari stiker itu sendiri, sehingga mudah bagi kalian untuk melihat bagaimana tampilan stiker nantinya ketika direkatkan ke media yang diinginkan.
  3. Stiker die cut dinilai lebih populer karena hasil stiker secara langsung menunjukkan bentuk desain stiker yang sesungguhnya bahkan sebelum dilepaskan dari bagian backing paper.

Stiker Kiss Cut

Die Cut VS Kiss Cut Sticker - Maxipro

Stiker kiss cut atau disebut half cut stiker merupakan jenis lain dari die cut. Stiker kiss cut memotong hanya setengah stiker yaitu meninggalkan kertas vinyl yang ada dibagian belakang. Pemotongan kiss cut ini juga tidak hanya meninggalkan kertas belakang dengan satu bentuk tetapi banyak variasi bentuk seperti persegi panjang, bulat atau persegi untuk memberi keunikan pada stiker kiss cut.

Proses dari kiss cut tidaklah semudah seperti die cut, karena proses ini membutuhkan presisi yang sangat akurat yang memotong keseluruhan stiker tanpa memotong kertas perekat belakang stiker. Kertas perekat tersebut adalah tempat untuk membuka stiker.

Saat mencetak stiker kiss cut, bentuk dasarnya berupa segi empat atau persegi panjang dan ditengahnya terdapat gambar yang terbuat dari vinyl yang dipangkas atau dicutting, dimana proses cutting tersebut tidak sampai tembus ke lapisan ketiga. Kalau stiker die cut tidak menyisakan ruang dan hanya gambar saja, sedangkan stiker kiss cut masih menyisakan ruang. Namun hasil akhirnya tetap sama yaitu hanya ditempelkan pola yang telah digambar.

Cara Mengaplikasikan Stiker Kiss Cut :

  1. Ambilah stiker kiss cut yang telah dicetak atau diprint.
  2. Bersihkan media yang akan ditempeli dengan stiker, agar stiker lebih mudah untuk direkatkan.
  3. Pisahkan stiker vinyl yang telah dicutting dengan melepasnya secara perlahan.
  4. Tempelkan stiker kiss cut pada media yang digunakan tanpa memerlukan kartu ATM untuk menggosoknya. Prosesnya bisa dilakukan secara perlahan agar tidak muncul gelembung.

Kelebihan Stiker Kiss Cut:

  1. Lebih mudah untuk melepas rekatan dari bagian belakang stiker jadi proses menempelkan stiker ke medianya akan lebih cepat dilakukan.
  2. Stiker kiss cut memiliki backing paper dari bentuk asli stiker yang lebih luas dibanding die cut. Bagian tersebut bisa dimanfaatkan dengan menambahkan nama brand atau perusahaan, situs dan juga nomor telepon atau informasi tentang produk. Seperti dalam kegiatan event, hal ini dirasa dapat meningkatkan efektivitas promosi.
  3. Teknik pemotongan stiker kiss cut sangat cocok untuk stiker dengan desain yang rumit karena area backing paper yang luas bisa melindungi keseluruhan bentuk stiker.

Cara Membuat Sticker Kiss Cut atau Die Cut

Berikutnya Maxipro akan membagikan cara potong kiss cut atau die cut. Setidaknya dibutuhkan mesin cetak sticker dan mesin cutting sticker untuk melakukannya. Kali ini kita akan memotong memakai Mesin Label Cutting Telson 340LF.

A. Tahapan Cetak Desain Sticker

  1. Install plugin “CutSmart Setup” dan “CorelSDK Cutting”, pilih juga versi Corel Draw nya sesuai dengan yang ada di laptop atau komputer kalian, dan klik install.
  2. Setelah terinstall, kita buka software Corel Draw nya, lalu klik pada bagian kosong di sisi kiri toolbar software. Tujuannya disini untuk memastikan apakah plugin sudah tercentang apa belum.
  3. Kemudian pilih Window -> Dockers -> Object Manager.
  4. Jika sudah selesai, pilih file desain sticker yang akan ingin kita potong.
  5. Setelah itu kita berikan Mark agar mesin ini bisa membaca media yang akan dipotong.
  6. Selanjutnya kita setup untuk proses cuttingnya, yaitu select all desain yang akan di-cutting,
  7. Pilih setting ubah nilai outline menjadi 1 kemudian centang pada bagian Remove Cusp, lalu Save and Play.
  8. Kan sudah selesai nih, kita select all lagi nih dan pilih icon outline maka akan muncul secara manual garis cutting / outline.
  9. Selanjutnya kita pilih lagi icon cutting order yang mana tujuannya ini untuk mengoptimalkan jalur pemotongan dan grafik akan dipotong secara berurutan.
  10. Terakhir pilih setting for print dan cetak.

B. Tahapan Potong Kertas Sticker

  1. Berikutnya pilih setting for cutting dengan klik kitten dan klik cut. Lalu simpan file .plt tersebut ke dalam USB Disk / Flashdisk yang akan digunakan.
  2. Colokkan USB Disk ke Mesin Label Cutting Sticker 340LF.
  3. Atur kecepatan dan kedalaman potong dengan menekan tombol Menu dan Navigator pada mesin.
  4. Lakukan pengujian dengan mode offline dengan menekan tombol Online Pause -> Test. Jika ingin membuat sticker kiss cut maka atur kedalaman pisau agar tidak sampai memotong backing paper. Sedangkan untuk sticker die cut atur sehingga backing paper juga ikut terpotong.
  5. Setelah pengaturan selesai, tekan tombol File dan pilih folder .plt yang tadi sudah disimpan.
  6. Tekan Cut, maka mesin akan mulai membaca mark dan memotong sesuai dengan pola yang dibuat.

Kalian juga bisa menonton video tutorial berikut ini !!!

KESIMPULAN

Serupa tapi tak sama, kiss cut hampir sama dengan die cut. Sederhananya, die cut adalah proses yang diberlakukan untuk stiker yang dijual satuan, sementara kiss cut ialah untuk stiker yang dicetak dalam bentuk satu set atau seri.

Die cut dan kiss cut memang memiliki ciri khas tersendiri, namun keduanya sama-sama mampu memberikan presentasi yang baik untuk desain stiker kalian. Dari penjelasan perbedaan die cut dan kiss cut diatas, semoga kalian bisa lebih mudah menentukan pilihan teknik cutting yang diinginkan pada stiker sesuai dengan selera ya nantinya!

Mesin Label Cutting Sticker 340LF

Untuk menunjang proses pembuatan stiker dengan dukungan dari mesin terbaik, kalian bisa menggunakan Mesin Label Cutting Sticker 340LF untuk mendapatkan hasil stiker terbaik loh! Mesin ini tidak membutuhkan pisau pond untuk membuat cutting,

Maxivers bisa menggunakan support dari software Corel Draw dan sign master, canggih bukan? Hasil stiker bisa lebih maksimal dan efektif serta cara kerja mesinnya pun efisien, Maxivers. Informasi selengkapnya mengenai mesin ini bisa diklik di sini ya!

Yuk langsung saja kunjungi dan belanja di website kami yaaa !!!

Die Cut VS Kiss Cut Sticker - Maxipro