Jenis Kertas Stiker Tahan Air yang Perlu Kamu Ketahui

pengaplikasian-stiker-mobil-tahan-air-tahan-lama

Apakah bisa kertas stiker anti air? tentu bisa dan tentu ini tergantung bahan atau jenis stiker yang digunakan. Sticker pada umumnya yang menggunakan bahan kertas tentu tidak tahan air, meskipun dapat diperkuat dengan laminasi plastik atau laminasi lain yang serupa. Lapisan laminasi hanya menambah ketahanan air pada sisi  yang diterapkannya, sedangkan perekat di belakangnya tidak dapat dianggap tahan air.

Stiker adalah kertas yang memiliki perekat dengan berbagai macam bentuk dan rupa, kegunaannya cukup beragam seperti dijadikan tempelan aksesoris kendaraan atau barang, barcode dan juga Promosi pakai Stiker, Omset Naik !!. Ada banyak bahan membuat stiker, tiap kertasnya memiliki karakteristik dan kegunaannya masing-masing. Nah jika ingin sticker yang tidak mudah pudar warna atau gambarnya saat digunakan outdoor dan indoor pilihlah kertas sticker yang tahan air.

Bagaimana Agar Stiker Tahan Air?

Gambar: Ilustrasi Stiker Tahan Air

Untuk sticker lebih tahan air sebenarnya didasarkan pada bahan, perekat dan tinta yang digunakan harus mampu bertahan lama. Stiker vinyl adalah salah satu sticker yang paling terkenal tahan air. Perekat pada stiker vinyl biasanya juga perekat yang tahan air dalam waktu yang lama. Agar lebih bekerja, tinta yang tahan air pun harus digunakan.

Seberapa Lama Tahan Air ?

Gambar: Ilustrasi Ketahanan Stiker

Tahan air bukan berarti tahan air selama-lamanya. Sticker anti air dapat dihitung waktunya lama atau tidak. Kertas stiker biasa seperti Sticker cromo dapat rusak dalam waktu singkat. Namun dengan memadukan kualitas bahan-bahannya dapat meningkatkan dan lebih tahan air dalam jangka waktu yang lama. Selain vinyl banyak jenis kertas stiker anti air populer lainnya.

Lalu apa sajakah jenis sticker tahan air? Simak ulasannya berikut ini:

  • Kertas Vynil

Kertas vinyl memiliki tekstur plastik yang lentur dan permukaannya glossy. Daya tahan terhadap air dan cuaca sangat baik. Cocok untuk keperluan stiker outdoor.

  • Kertas Yupo

Kertas yupo merupakan kerta sintetik. Sangat tahan air, minyak maupun bahan kimia. Sticker yupo biasanya digunakan untuk sticker label maupun barcode, baik digunakan untuk daerah kering atau basah seperti pegunungan atau pantai.

  • Kertas Gold Foil

Kertas gold foil atau gold leaf atau kertas emas ini juga kertas yang tahan air. Kertas ini berbentuk pigmen tipis. Cara menggunakannya cukup direkatkan dengan lem khusus. Biasanya kertas gold foil digunakan untuk berbagai macam perabotan agar berwarna emas, seperti ukiran kayu, kaligrafi, tembok, kubah masjid, gypsum, plafond, lesplang, tangga rumah, daun pintu atau jendela dan lain-lain.

  • Kertas Crome

Kertas crome ini  biasanya memang digunakan untuk sticker kendaraan bermotor agar body motor tak terkena goresan. Kertas ini punya lapisan glitter atau berkilau.

Pengaplikasian Stiker Tahan Air

Gambar: Ilutrasi Pengaplikasian Stiker

Sticker anti air berguna dalam berbagai aplikasi umum. Sebagian besar stiker diproduksi untuk indoor, penggunaan outdoor seperti jendela mobil harus dibuat dari sticker anti air. Hal ini harus dipastikan agar bekerja dengan baik dalam berbagai kondisi cuaca yang berbeda.

Sticker tahan air juga sangat bagus untuk kemasan makanan yang disimpan dilemari pendingin. Jika menggunakan sticker biasa akan membuat stiker cepat hancur dan membuat produk tidak layak untuk dijual, karena kemasan luar sangat mempengaruhi pelanggan. Bahan dasar stiker anti air kemasan produk membutuhkan daya tahan dan perlindungan kelembaban. Menggunakan sticker biasa yang tidak tahan air pada aplikasi berikut bukan ide yang bagus.

Untuk membeli mesin potong sticker Maxipro merekomendasikan mesin creasing. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian.

×