jilid-hardcover-maxipro

Bagaimana cara membuat puluhan hardcover dalam waktu 1 menit ? 

Kalian sudah penasaran kan, simak ringkasan berikut ini sampai habis ya ! 

Pernah menunggu hasil jilid hardcover sampai berminggu-minggu ? hmmm pastinya akan membuat customer kalian menunggu lama. Apalagi kalau waktu yang customer berikan sedikit. 

Banyaknya permintaan pembuatan hardcover buku membuat para pengusaha percetakan menjadi kelabakan menerima pesanan. Apalagi kalau masih menggunakan teknik manual pastinya memakan waktu yang banyak juga bukan. Bisa-bisa kalian kehilangan pelanggan karena waktu pengerjaan kalian sangat lama dan bisa-bisa hasil yang kalian berikan pastinya ada yang bagus dan ada yang tidak bagus, ya beginilah problem membuat hardcover kalau tidak menggunakan mesin jilid hardcover auto. 

Pastinya untuk pengerjaan secara manual itu waktu yang dibutuhkan juga banyak, butuh tenaga SDM yang banyak juga dan yang paling membuat masalah besar yaitu hasil hardcover yang tidak bisa konsisten ada yang rapi bahkan ada yang gak rapi. Dalam proses pembuatan hardcover dengan waktu 1 menit, di sini selain mesin jilid hardcover yang kita butuhkan ada beberapa mesin pendukung lainnya diantaranya : 

  1. Mesin LEM 
  2. Mesin Potong Sudut Hardcover
  3. Mesin Hardcover Maker Auto Lipat 4 Sisi

Dengan adanya kedua mesin pendukung ini kita akan lebih dimudahkan dalam proses pembuatan hardcover. Mau tau bagaimana proses pembuatan hardcover dalam waktu 1 menit. 

Baca juga : Cara Jilid Hardcover Skripsi Untuk Mahasiswa

Maxipro kali ini akan mencoba menjabarkan tahap-tahap untuk membuat jilid hard cover dalam waktu 1 menit. Cara yang diberikan maxipro ini adalah salah satu cara penjilidan hardcover yang bisa membuat usaha percetakan kalian mengalami peningkatan yang sangat pesat nantinya. 

Untuk tahap pertama pada proses pembuatan hardcover seperti ini. Bahan dan mesin yang digunakan sebagai berikut :

hardcover-maxipro

 

Bahan yang dibutuhkan adalah 

1. Kertas Cover Art Paper

hardcover-maxipro

2. Board Karton Ukuran 3 mm

hardcover-maxipro

Mesin yang kita butuhkan adalah 

1. Mesin Potong Sudut Hardcover VL.

hardcover-maxipro

2. Mesin Lem GM 400 

hardcover-maxipro

3. Mesin Hardcover Maker Auto Lipat 4 Sisi

hardcover-maxipro

Bagaimana untuk sistem pengoprasiannya dari setiap mesin ?

Untuk sistem pengoprasiannya dari setiap mesin kita mulai dari Mesin Potong Sudut Hardcover VL. yang mana mesin ini berfungsi sebagai mesin potong sudut pada cover agar nanti pada saat pelipatan, bagian sudut hardcover tampak terlihat rapi.

hardcover-maxipro

Kemudian Untuk sistem pengoprasian dari Mesin Lem GM 400 . yang mana mesin ini berfungsi untuk memberikan lem yang bertujuan untuk merekatkan antara kertas cover dengan board karton. Mesin ini menggunakan bahan lem putih untuk merekatkan kertas cover dengan baard karton.

hardcover-maxipro

 

Dan yang terakhir, kita menggunakan Mesin Hardcover Maker Auto Lipat 4 Sisi . Mesin ini digunakan untuk melipat ke empat sisi cover dan bisa press.

hardcover-maxipro

Bagaimana untuk urutan pembuatan dari hardcovernya ?

Untuk yang pertama kita cetak dulu soft covernya dan jangan lupa siapkan board yang sudah kalian potong sesuai dengan ukuran yang kalian inginkan ya. Jika soft cover sudah selesai cetak kalian barulah potong setiap sudut soft cover tersebut menggunakan Mesin Potong Sudut Hardcover VL agar pada saat proses pelipatan, bagian sudut pada hardcover bisa terlipat dengan rapi. 

hardcover-maxipro

Untuk urutan selanjutnya kita satukan atau kita rekatkan antara kertas soft cover dengan board karton menggunakan Mesin Lem GM 400, namun kami menyarankan untuk hasil yang lebih maximal kalian bisa menggunakan bahan lem animal glue dengan type Mesin Lem GM 700 PLUS

hardcover-maxipro

Setelah cover di lem, kita taruh board di bidang yang ada lemnya dan pastikan posisi board tidak miring ya.

hardcover-maxipro

Jika board karton dan kertas soft cover sudah menyatu barulah kita masukkan kedalam Mesin Hardcover Maker Auto Lipat 4 Sisi  untuk proses press dan pelipatan samping kanan kiri atas bawah.

hardcover-maxipro

Nah sekarang kalian sudah tau kan gimana proses produksi hardcover menggunakan tiga mesin yang sudah disebutkan tadi. Untuk lebih lengkapnya kalian bisa tonton video berikut ini. 

Sekian artikel tentang cara jilid hardcover dalam waktu 1 menit . Semoga bermanfaat.  

Dan buat kalian yang masih penasaran dengan keunggulan dari ketiga mesin pendukung pembuatan hardcover ini atau mesin finishing lainnya kalian bisa kunjungi website kami di Maxipro.co.id