Mengenal Kardus packing : Bahan, Jenis, dan Contoh Desain - maxipro.co.id

Mengenal Kardus packing : Bahan, Jenis, dan Contoh Desain - maxipro.co.id

Kardus packing merupakan sebutan bagi kardus yang digunakan untuk membungkus barang, baik untuk disimpan kembali atau untuk dipindahkan ke tempat lain. Karena memiliki berbagai kegunaan, tersedia banyak bentuk dan jenis yang mungkin berbeda satu dengan lainnya. Namun, pada dasarnya, berupa kardus dan menjadi pembungkus suatu benda. 

Sebelum memilih kardus packing seperti apa yang akan kalian gunakan, sebaiknya diperhatikan dulu material atau bahan dasar pembuat kardus tersebut agar sesuai dengan kebutuhan. Selain itu ketebalan dan jenis benda yang akan ditempatkan di dalamnya juga merupakan pertimbangan yang penting.

Material Atau Bahan Dasar Kardus Packing

Bahan dasar dari sebuah kardus packing akan sangat berpengaruh pada benda apa saja yang bisa ditempatkan di dalamnya. Selain masalah berat, karakteristik material ini juga berpengaruh pada kondisi barang selama proses penyimpanan.

Jenis material atau bahan dasar kardus packing terbagi menjadi 4, yaitu kertas corrugated, kraft, white dan brown

1. Kertas Corrugated

Pengertian kertas corrugated adalah kertas karton yang digunakan sebagai bahan dasar dari pembuatan kardus yang mempunyai bentuk berlapis dan bergelombang. Bahan ini memiliki tekstur yang keras dan kaku, namun tetap ringan. 

Jenis kertas ini memiliki 2 tekstur yang berbeda, yakni pada sisi bergelombang (fluting) dan sebagai sisi datar (liner). Keduanya merupakan satu kesatuan dan tak terpisahkan.

Selain sebagai pembungkus utama, kertas corrugated juga bisa digunakan sebagai lapisan dalam saat melakukan pengemasan, karena dapat melindungi barang dari kontak fisik maupun goncangan dari luar packing, serta memberikan daya tumpuk yang kuat. Juga menjadi penyekat (lapisan bergelombang) pada corrugated sheet.

2. Kertas Kraft

Kertas ini merupakan kertas yang dibuat dari bahan baku berupa kayu pinus yang mempunyai serat memanjang dan kemudian diolah menjadi bubur kertas. Dengan komposisi 60% pulp (hasil pemisahan serat dari bahan baku berserat), 40% waste (bahan daur ulang atau sisa) serta bahan kimia lainnya, membuat kertas kraft juga disebut dengan kertas daur ulang. 

Hampir sama, dengan kertas corrugated, kertas kraft juga digunakan sebagai bagian dalam (bottom liner) dan bagian luar (top liner) dari kardus packing. Namun, karena memiliki fungsi sebagai bursting strength (penahan daya jebol), membuat kertas ini disebut mempunyai kemampuan yang lebih kuat dibanding kertas corrugated.

3. Kertas Brown

Sesuai dengan namanya, kertas yang memiliki warna coklat ini akan sangat mudah kalian kenali karena tak asing lagi keberadaannya di sekitar. Kertas ini memiliki ketebalan mulai dari 125 – 440 gsm.

Karena mudah ditemukan, kertas ini memiliki harga yang tergolong murah. Meskipun begitu, kertas ini juga menjadi salah satu pilihan untuk membuat kardus packing karena bahannya ringan dan mudah dibentuk.

4. Kertas White

Kertas white atau putih dinamakan sesuai warna kertasnya, yakni putih. Sama seperti kertas corrugated, biasanya kertas putih digunakan untuk bagian luar dan dalam kardus, tergantung dengan kebutuhan.

Kertas ini memiliki berat dari 140 – 200 gr. Memang tak tergolong tipis, namun karena berwarna putih maka biasanya kertas ini tergolong tampak tidak tebal. Padahal gramasinya rata-rata lebih berat dibanding kertas brown.

Ketebalan Kardus Packing

Setelah kalian menentukan material atau bahan dasar apa saja yang akan digunakan packing, maka ketebalan kardus packing juga sebaiknya segera diperhatikan. Dengan memperhitungkan berat dan karakteristik benda yang dibungkus, maka bisa dipastikan seberapa tebal bahan yang akan dipakai.

Untuk barang seperti baju, kain atau buku yang tak terlalu berat bisa menggunakan kardus packing yang tak terlalu tebal. Sedangkan untuk barang pecah belah, ada baiknya menggunakan beberapa lapisan kertas-kertas untuk membuat lapisan yang lebih tebal dan aman dari benturan.

1. Kardus Packing Single Wall

Bermakna dinding lapis satu, single wall berarti hanya menggunakan satu lapisan saja. Namun biasanya lapisan ini juga sangat tebal, sehingga wajar jika tidak membutuhkan lapisan lainnya. Namun, istilah single wall juga mengacu pada kardus packing yang tipis hanya dengan satu lapis saja, karena menyesuaikan pula dengan benda yang dikemas.

2. Kardus Packing Double wall

Untuk ketebalan kardus packing double wall ini, berupa ketebalan yang 2 kali lipat dari single wall sehingga diperuntukkan untuk benda-benda yang memang membutuhkan pengamanan ekstra. Kalian bisa membuatnya dengan menumpuk single wall menjadi 2 untuk mendapatkan ketebalan ini. Tebal maksimal double wall biasanya sekitar 7mm.

3. Kardus Packing Triple Wall

Pada lapisan triple wall, kardus packing amatlah tebal karena biasanya digunakan untuk kebutuhan impor dan ekspor. Triple wall memiliki 7 lapisan dengan ketebalan sampai 10mm.

Pembuatan Kardus Lebih Mudah Dengan Mesin

Jika kalian sudah menentukan jenis bahan dasar atau material kardus packing beserta ketebalan yang akan dipakai, maka kita bisa langsung membuatnya. Namun pastikan pula dengan membuat kerangka atau pola terlebih dahulu. Hal ini untuk memastikan apakah benar dapat mengemas benda dengan baik dan melindunginya dengan kuat.

Pembuatan kardus selain dari bahan dan ketebalan, juga membutuhkan bahan lem sebagai perekat untuk merekatkan satu sisi ke sisi lainnya. Dengan lem yang pas, maka akan didapatkan kardus packing yang ideal, merekat kuat dan mampu bertahan untuk waktu yang lama. 

Pemberian bahan lem dapat dilakukan menggunakan lem kuning, lem putih, dan jenis lem lainnya secara manual. Namun, hal tersebut hanya berlaku jika pembuatan kardus hanya untuk jumlah sedikit.

Sedangkan, dalam kebutuhan usaha, tentu pembuatan secara manual akan sulit untuk bisa melayani pemesanan dalam jumlah banyak. Selain karena keterbatasan tenaga manusia, pengerjaan pemberian bahan lem dengan manual akan dinilai tidak efektif dan efisien.

Belum lagi jika kemungkinan adanya human error yang tentunya akan menyusahkan saat quality control.

Contoh Desain Kardus Packing

kardus packing kecil

Kardus packing kecil

Kardus Packing Buah

Kardus buah segar

kardus packing brownies

Kardus brownies atau kue

Kardus botol bentuk tas

Kardus packing botol kecil

kardus botol besar

Kardus botol besar

Kardus baju satuan

Kardus hampers aesthetic

Kardus bingkisan natal

Kardus bingkisan natal

Kardus packing besar

Kardus ukuran besar

Rekomendasi Mesin Lem Untuk Kebutuhan Kardus

Oleh karenanya, Maxipro  sebagai solusi kebutuhan digital printing merekomendasikan Mesin Lem GM700 untuk memberi lem pada bahan kertas pembuat kardus packing dengan efektif dan efisien. Dengan mesin ini, tentu pengerjaan pemberian bahan lem akan berlangsung cepat dan minim kesalahan.

Dengan adanya speed control motor AC membuat mesin ini dapat diatur kecepatannya sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, tekanan juga dapat disetel sehingga ketebalan kertas tidak menjadi masalah.

Mesin Lem GM700 memiliki plat dan stripper kertas sebagai untuk pengaman agar kertas yang masuk tidak tergulung serta menempel ke roll. Tak hanya itu, untuk informasi lainnya mengenai mesin ini, kalian bisa mengunjungi halaman berikut!

Mesin Lem GM700

Semoga artikel dari Maxipro kali ini bisa bermanfaat bagi kalian ya, Maxivers. Jika membutuhkan bantuan lebih lanjut mengenai kebutuhan bahan dan mesin percetakan untuk usaha percetakan, bisa menghubungi call center kami di bawah ini.

Yuk langsung saja kunjungi dan belanja di website kami yaaa !!!