Cara Laminating Sendiri, Mudah dan Praktis

proses-plastik-laminating-panas

Apakah kalian pernah mencoba melakukan laminating sendiri dirumah? Laminasi menggunakan mesin termasuk cara yang memakan biaya. Kalian harus membeli mesin dan membayar listrik yang lebih tinggi karena mesin laminating membutuhkan daya yang tidak sedikit. Mesin laminating Maxipro memiliki daya listrik yang rendah. Namun laminating menggunakan mesin memiliki kemudahan sendiri dan lebih efektif, apalagi jika kalian menggunakannya dikantor atau membuka usaha fotocopy sendiri.

Pengertian Laminating

Laminating itu berasal kata laminate artinya melapisi, bisa juga disebut melapisi sesuatu dengan bahan tertentu dan alat khusus. Jadi laminasi adalah membungkus atau melapisi dokumen menggunakan alat dan plastik khusus. Plastik laminasi ini sifatnya lengket pada dokumennya.

Jadi dokumennya sudah tidak bisa diambil lagi. Jika memaksa untuk mengambil dokumen tersebut bisa jadi dokumen malah rusak. Maka akan mudah dan efektif dengan cara laminating sendiri.

Cara laminating kertas yang paling sederhana adalah dengan laminasi menggunakan setrika. Alternatif ini bisa digunakan karena sangat mudah dan cara ini bisa dibilang gratis. Kalian tinggal menyiapkan plastik laminating dan dokumen yang akan dilaminasi saja, jangan lupa juga siapkan setrika karena ini menjadi alat utama yang berguna sebagai pengganti mesin laminating.

Jenis-Jenis Plastik Laminasi untuk Laminating Sendiri

Gambar: Plastik laminating

Jenis plastik laminating yang cocok digunakan untuk laminasi menggunakan setrika adalah plastik laminating dingin. Namun kekurangan dari plastik laminating ini memiliki harga yang sangat mahal. Jika kalian yang lebih murah, bisa menggunakan plastik jenis laminating panas. Untuk plastik laminating panas ada 3 jenis yaitu:

  • Plastik laminating standart. Suhu yang dimiliki jenis plastik laminating ini adalah 100-115 derajat celcius
  • Jenis plastik laminating low melt. Suhu yang dimiliki jenis plastik laminating adalah antara 85-100 derajat celcius
  • Plastik laminating heatset. Suhunya 77-90 derajat celcius

Jika kalian ingin laminasi foto dan menggunakan yang standart, plastik laminating yang paling cocok adalah plastik laminating panas low melt. Selain harganya murah, suhu laminasi tidak terlalu panas dan memberikan hasil yang bagus dan mengkilap

Peralatan Yang Dibutuhkan Dalam Cara Laminating Sendiri Menggunakan Setrika

Gambar: Ilustrasi laminasi menggunakan strika
  1. PVC cardpaper (kertas PVC) atau sering dikenal dengan kertas ID card. Biasanya 1 lembar kertas ini dihargai Rp. 5000 untuk ukuran A44. Di setiap pembelian 1 lembar kertas ini, kalian akan mendapatkan 2 lembar kertas laminating transparan (untuk mencetak gambar) dan 1 lembar kertas PVC (plastik tebal)
  2. Setrika yang biasa anda gunakan untuk menyetrika pakaian. Setrika ini bisa juga digunakan untuk melaminasi.

Cara Laminating Sendiri Menggunakan Setrika

Gambar: Mesin laminasi Maxipro

Berikut adalah cara laminating KTP (Kartu Tanda Penduduk) dengan menggunakan mesin laminating.

  1. Siapkan kartu tanda penduduk yang akan dilaminasi. Gunakan kertas bantu agar media tidak berubah. Jangan lupa untuk menata kartu tanda pelajar agar kartu berada diposisi yang seharusnya.
  2. Langkah kedua yang harus dilakukan adalah memanaskan setrika
  3. Masukkan kartu yang akan dilaminasi pada plastik laminating, saat memasukkannya pastikan tata letaknya pas.
  4. Media yang sudah diberi plastik laminating, pada bagian atasnya ditutupi kain. Pastikan kain memiliki ketebalan yang pas jangan terlalu tipis atau terlalu tebal.
  5. Setelah itu setrika pada bagian atas kain. Periksalah hasil laminating terlebih dahulu. Ulangi jika plastik laminating masih belum merekat dengan benar, jika plastik sudah merekat dengan sempurna tidak perlu mengulanginya lagi.

Sekarang kalian sudah mengetahui cara laminating menggunakan setrika itu mudah bukan? Sekarang kalian bisa melaminasi dokumen seperti e-KTP atau dokumen-dokumen kecil sendiri dirumah. Untuk hasil lebih profesional kalian dapat menggunakan Mesin laminasi Maxipro.

×